Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dengan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Greged Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Didi Sunardi SMP Negeri 1 Greged

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII-C SMP NEGERI 1 GREGED Kabupaten Cirebon yang menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok bahwa anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi 81%, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang 64%, sedang anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah 53%. Setelah mendapat layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa meningkat, anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori prosentase tinggi, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi, dan anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi. Disimpulkan bahwa kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun saran peneliti untuk siswa dan guru pembimbing diharapkan agar mampu meningkatkan kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui layanan bimbingan kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, Budi dan Tina Afiatin. 1996. Konsep diri, Harga diri dan kepercayaan diri remaja. Jurnal Psikologi: Universitas Gadjah Mada. (http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/detail.php?dataid=4105, di unduh 26 september 2011)
Angelis, Barbara. 2003. Canfidance (percaya diri). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Anni, Tri Catharina, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: RINEKA CIPTA.
Azwar, saifuddin. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, Saifuddin. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Christiana, E dan Wahyu, N. E. S. 2010. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 8 Surabaya Dengan Konseling Kelompok Gestalt. Surabaya: Unnesa. (http://himcyoo.files.wordpress.com, di unduh 6 Agustus 2012)
Depdiknas. 2004. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Kurikulum.
Eddy Wibowo, Mungin. 2005. Konseling kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES PRESS.
Gael Lindenfield, Alih bahasa Ediati Kamil. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jepara: Silas Press.
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.
Hidayat dan B. Aip. 2011. Peneitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Kurniawati, Nissa. 2012. Meningkatkan Rendahnya Kepercayaan Diri Siswa Saat Maju Di depan Kelas melalui Konseling Realita Pada Siswa Kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Tidak diterbitkan.
Luxori, Y. 2001. Percaya Diri. Jakarta : Khalifa.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: GHALIA INDONESIA.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
Romlah. 2001. Layanan Bimbingan Kelompok. Jakarta: Rineka cipta. Santosa, Slamet. 2004. Dinamika Kelompok. Jakarta: BUMI AKSARA.
Santrock, Jhon W. 2003. Adolescensce (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA. Suhardita, Kadek. 2011. Efektivitas Penggunaan Tehnik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung: UPI (http://jurnal.upi.edu/file/12-Kadek Suhardita.pdf, di unduh 6 Agustus 2012)
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : Gramedia.
Susanti, Florentina Rika. 2008. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Santa Maria Fatima. (http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/61 082133 .pdf, di unduh 7 Agustus 2012)
Published
2023-12-19
How to Cite
SUNARDI, Didi. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dengan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Greged Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 22 – 30, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1620>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1620.