Model Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran Matematika pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel dapat Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Sukardi Sukardi SMPN 1 Beber

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Pendekatan pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber, Materi Persamaan Linier Dua Variabel dalam memahami konsep bangun tersebut.serta adannya kuis dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi yang terbaik. Penerapan model pendekatan ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah (problem solving) yang dapat Persamaan ALinier Dua Variabel di kelas VIII.A SMPN 1 Beber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Penelitian Tindak Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan tindakaan, (3) Tahap observasi, dan (4) Tahap Refleksi. Peningkatan belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 34,22 % dan setelah adanya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) mencapai nilai ketuntasan 52,63% untuk test siklus I dan 84,2 1 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil belajar Persamaan ALinier Dua Variabel pada siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber Cirebon akan bisa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal, Profesionalisme Guru di Dalam Pembelajaran, Surabaya: Insan Cendekia, 2002.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang : PT. Tanjung Mas Inti, 1992.
Departemen Agama, Al qur’an terjemahan juz 1-30 Edisi Baru, Jakarta: CV. Pustaka Agung Harapan,2006
D Saroni, Muhammad, Manajemen Sekolah, Jogjakarta : Ar Ruzz media. 2010 Hamalik, Omar, kurikulum dan pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 2003
Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: IKIP Malang, 2001.
Maskur, dan Abdul Halim Fathoni, Mathematical Intelegence : Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2007.
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung : PT Remaja Rosda Karya,2003.
Ngalim, Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2002.
Nurani, Dewi, Matematika Konsep Dan Aplikasinya, Surabaya: Pusat pembukuan DPN,2008.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Jogjakarta: Pustaka Pelajar,2003.
Ruesfendi, PengantarKepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya
dalam Pengajaran matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: Tarsito, 1988.
Siswono, Tatag Yuli Eko, Model Pembelajaran matematika berbasis Penagajuan Masalah dan pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif, Surabaya: Unesa Uneversity Press,2008
Soejadi, R, Kiat Pendidikan Matematika Indonesia, Konsentrasi Keadaan Masa Kini dan Masa Depan,Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional,2000.
, Kiat Pendidikan Matematika Indonesia, Jakarta: Dirjen Dikti,1999.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005.
Undang-Undang Dasar RI, No.20 Tahun 2003, Tentang System Pendidikan Nasional Cirebon, Setia kawan, 2003.
Walgito, Bimo, psikologi Belajar, Jogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Jogyakarta, Tanpa tahun.
Wiraatmaja, Rochiati, Metode Peneltian Tindak Kelas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005.
Published
2023-12-19
How to Cite
SUKARDI, Sukardi. Model Pembelajaran Problem Solving Mata Pelajaran Matematika pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel dapat Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Tahun Pelajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 74 – 81, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1625>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1625.