Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Wawan Irwanto SMPN 1 Pabuaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model learning cycle terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024”. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jalan Pangeran Sutajaya No. 142 Kecamatan Pabuaran  Kabupaten Cirebon. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 328 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang ada maka peneliti memilih satu kelas yaitu Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji thitung . Hasil dari analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I  (pre-test) = 67,97 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II (post-test) = 80,15. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari kegiatan siklus I dan siklus II diperoleh adalah 40 % menjadi 87,75 %, sehingga penelitian diaktakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, Nina. 2011. “Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman”, Jurnal Prosiding, ISBN: 918-979-16353-6-3, Desember 201 1(MP-381).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asthira P, I Wy, dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus III”, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol.4, No.1.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Larate, Abdullah. 2016. “Penerapan Metode Pemodelan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Bantaya ” , e-Jurnal Bahasantodea, Vol.4, No.1, Januari 2016 (96-103).
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak : Pengantar Pemahaman Sastra Dunia. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Suarni, Ni Kt. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Media Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Pedungan Denpasar”, Jurnal PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. (3-6).
Sudjana. 2017. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito
Sudjino, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sumiati, dkk. 2016. Model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryadi, Edi, dkk. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMPN1 Air Kumbang Banyuasin Melalui Metode Outdoor Study”, Global Exepert Jurnal Bahasa dan sastra, Vol. 3, No.1 Juli 2014
Sutedjo dan Kosnadi. 2008. Keterampilan Menulis Puisi, Jakarta: Persada Perss. Umry, Shafwan Hadi, dkk. 2014. Telaah Puisi, Format Publishing.
Published
2023-12-19
How to Cite
IRWANTO, Wawan. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pelajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 92 – 108, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1627>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1627.