Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Pokok Bahasan Limit Pada Siswa Kelas XI.MIA di MA Salafiyah Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024

  • Yani Sitasari MAS Salafiyah Cirebon

Abstract

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon dengan jumlah 18 siswa. Materi Pembelajaran tentang Limit Fungsi.  Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angketdan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) dalam Pelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon. Hal ini dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa, pada siklus I siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi sebanyak 11 siswa atau sekitar 61,1 %. Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa atau sekitar 83,33 %. Aktivitas belajar siswa terus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebanyak 12 siswa atau sekitar 66,67 %. Pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau sekitar 88,88 %. (2) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) dalam Pelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon. Hal ini ditunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 76,25, sebanyak 13 siswa atau sekitar 72,22% sudah berhasil memperoleh nilai ? 77 dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 81, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau sekitar 88,88% sudah berhasil memperoleh nilai ? 77.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin. 2010. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. http://belajarpsikologi. com/faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/. (26 Maret 2013).
Anita lie, 2007. Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas, Grasindo: Jakarta.
Agus Suprijono. 2011. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asep Jihaddan Abdul Haris. 2008.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Dalyono, M. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djaali dan Muljono, P. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Dewi Suhartini. 2001. “Minat Siswa Terhadap Topik-topik Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor Yang Melatar Belakanginya”. Disertasi. PPS Universitas Pendidikan Indonesia.
E. Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
E. Mulyasa. 2000 Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, PT. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Erman Suherman, dkk, 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, JICA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Hartono, Dkk, 2009. PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) Riau Zanafa Publising
Hudiono, B. 2008. Pembudayaan Pendekatan Open-Ended Problem Solving dalam Pengembangan Daya Representasi Matematik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 9 (1), Maret 2008, Tersedia di ttp://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/91082329.pdf [diakses 8-11-2012].
Hurlock,E.B.1993.Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.
Isjoni, 2007. Cooperatif Learning, Bandung, alfabeta.
Johnson, B Elaine. 2009. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Masnur Muslich, 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta, Bumi Aksara
Martinis Yamin. Bansu I.Ansari, 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa, Jakarta, Gaung Persada Press.
Melvin L. Silberman, 2009. Active Learning 101 cara belajar siswa aktif , Bandung: Nusa
M. Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta Jakarta.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana dan Wari Suwariyah, 1991. Model-Model Mengajar CBSA, Bandung, Sinar Baru
Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Risnawati, 2008. Strategi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru, Suska pres
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Rochiati Wiriaatmadja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.
Sardiman, 2001. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Safari. 2003. Indikator Minat Belajar. [Online]. Tersedia: http://pedoman-skripsi.blogspot.com/2011/07/indikator-minat-belajar.html [27 Mei 2013].
Sandjaja S. 2005. Pengaruh keterlibatan orang tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan [online], 11 halaman. Tersedia : ww.unika.ac.id. 02/05/05. [22 Juli 2010].
Sugihartono dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sumadi Suryabrata. 20027. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumardiyanto, D. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model POGIL untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Diferensial Kelas XII IPA. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sugiyono. 2007.Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
Wina Sanjaya, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pedidikan, Jakarta: Kencana.
Witherington. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.
WS, Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia. Jakarta.
http://tonipurwakarta.blogspot.com. Tanggal 20 Januari 2011. jam 14.00 Wib
Published
2023-06-26
How to Cite
SITASARI, Yani. Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) Pokok Bahasan Limit Pada Siswa Kelas XI.MIA di MA Salafiyah Cirebon Tahun Ajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 120 – 125, june 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/1632>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i1.1632.