Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PABP Materi Iman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstract
Peningkatan motivasi belajar PABK setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya notivasi belajar PABK siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada Prasiklus diperoleh rata-rata kelas 19,06 (kategori motivasi rendah), Siklus 1 menjadi 25,42 (kategori motivasi cukup) dan Siklus II diperoleh rata-rata kelas 28,08 (kategori motivasi tinggi). Dan berdasarkan hasil belajar siswa pada Prasiklus nilai rata-rata 60,24 setelah pelaksanaan siklus I rata-rata nilai menjadi 67,32 dan pada siklus II rata rata nilai menjadi 82,65. Sedangkan peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat dari pra Siklus, Siklus I dan Siklus II berturut-turut : 44,44 %, 72,22 %, dan 86,11 %. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan Hasil belajar dan motivasi belajar PABK siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pel;ajaran 2022/2023.
Downloads
References
Akhmad Sudrajad. 2008. Pembelajaran Kontekstual. (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/0 1 /29/pembelajaran¬kontekstual/diunduh 23 Januari 2010) Pengertian Pendekatan Strategi Metode Teknik Taktik dan Model Pembelajaran. (http ://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/0 1 /29/model-pembelajaran/ diunduh tanggal 30 Mei 2010).
Anisah. 2008. Kelemahan dan Kelebihan CTL dan Pakem. (http ://anisah89.blogspot.com/2009/02/kelemahan-dan-kelebihan-ctl¬dan-pakem.html diunduh tanggal 02 Februari 2010).
Anonim. 2010. Strategi Pembelajaran Kontekstual. (http://s3s3p.wordpress.com/20 10/03/1 0/strategi-pembelajaran¬kontekstual/ diunduh 23 Januari 2010).
Bettye P. Smith. 2006. Contexyual Teaching and Learning Practices in The Family an Consumer Sciences Curriculum. (http://www.natefacs.org/JFCSE/v24no1/v24no1 Shamsid-Deen.pdf diunduh tanggal 13 Mei 2010)
Dadang Garnida. 2006. Pendekatan Pembelajaran. (http://www.curriki.org/xwiki/bin/view/Coll_dagar/KB2PENDEKATA NPEMBLJARANSAINSDISD?bc=;Coll_dagar.MODUL¬MODULDIKLAT diunduh tanggal 23 januari 2010). .2006. Sains dan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar.. (http://www.curriki.org/xwiki/bin/view/Coll_dagar/KB1SAINSDANPEMBLJARANSAINSDISD?bc=;Coll_dagar.MODUL-MODULDIKLAT diunduh tanggal 23 januari 2010).
Erica P. Howard. 2005. Motivation and Determination of Nontraditional Students to Continue Higher Education in Workforce Education and Development, off Campus Degree Program. (http ://www.siu.edu/departements/coe/ras 1/474/motivation/s1 d007html diunduh tanggal 23 januari 2010)
Imam Mawardi. 2009. Implemnetasi Kurikulum Sebuah Prinsip Dasar. (http ://ImamMawardiblog.persimpangan.com/blog/2007/08/06/pengertia n-pembelajaran diunduh tanggal 30 mei 2010).
I Wayan Santyasa. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. (http://IWayan.files.wordpress.com/20 10/03/model-model¬pembelajaran-inovatif.pdf diunduh tanggal 30 Mei 2010). Junianto. 2010. Strategi Pembelajaran Kontekstual.(http ://Junianto .wordpress.com/2010/03/10/strategi-pembelajaran-kontekstual diunduh 23 Mei 2010) Munir Yusuf. 2010. Pengertian Implementasi Kurikulum.(http ://www.muniryusuf.com/pengertian-implementasi¬kurikulum.html diunduh tanggal 07 Juni 2010).
M. Sobry Sutikno. 2008. Peran Guru dalam Membangkitkan Motivasi. (http:// peran-guru-dalam-membangkitkan-motivasi.html diunguh tanggal 02 Februari 2010).
Rachmad Widodo. 2009. Model Pembelajaran. (http ://www.RachmadWidodo.com/model-pembelajaran.html diunduh tanggal 30 Mei 2010)
Rushadi. 2007. Pengertian Pembelajaran. (http ://www.RushadiBlogspot.com/pengertian-pembelajaran.html diunduh tanggal 07 Juni 2010).
Sardiman AM. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Siti Mutmainah.2007. Penerapan Pendekatan CTL Disertai lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 21 Surakarta Tahun Ajaran 2006/200 7. Skripsi. FKIP UNS (tidak dipublikasikan).
Sugiyanto .2008 .Model-Model Pembelajaran Inovatif.Surakarta : UNS Press
Sujianto. 2008. Model Manajemen Kerja.(http ://www.Model-Manajemen-Kerja.blogspot.com/2008, diunduh tanggal 30 Mei 2010).
Sukarto. 2009. Konsep Pendekatan Metode dan Strategi dalam Pembelajaran. (http ://www.Sukarto_blogspot.com/2009 diunduh tanggal 12 Mei 2010)
Suryanti. 2009. Hakikat Sains.
(http ://blogsuryanti.files.wordpress.com/2009/06/hakikat-sains.doc diunduh tanggal 23 januari 2010)
Suwarno. 2009. Implementasi Pembelajaran Peta Konsep dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Ilmu Pen getahuan Alam di Sekolah Dasar. Tesis.(http ://digilib .uns.ac.id/20 10 diunduh tanggal 07 Juni 2010)
St.Y.Slamet dan Suwarto.2007. Dasar- Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.
Udin Syaefudin Sa’ud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Wahjosumidjo. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Balai Aksara. Wasty Soemanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Widara. 2008. Definisi IPA. (http ://Widara.files.wordpress.com/2008/05/definisi¬ipa.pdf, diunduh tanggal 09 Januari 2010)
Yetti Ellyana. 2009.Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPA (http ://pendekatan-kontekstual.blogspot.com/2009/08/pendekatan¬kontektual-dalam.html, diunduh tanggal 24 Januari 2010). http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_Pengetahuan_Alam di unduh 23 Januari 2010.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.