MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS NURUL HUDA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN

  • Oman Abdurahman IAI BUNGA BANGSA CIREBON
  • Amirudin Amirudin IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang;1)Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Tahun 2020./2021, 2) Hambatan dan Solusi dari Manajemen Program  Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Pendekatanpenelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkualitatif. Tempatpenelitian di MTs Nurul Huda Timbang, Penelitiandilakukanbulan September-Nopember 2020. SubyekpenelitianKepalaSekolah, Ketua Yayasan, KomiteSekolah dan guru Tahfidz al-Qur’an, siswa, wakil kepalasekolahbidangkurikulum, dan Wali Murid. Teknik pengumpulandata;observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknikkeabsahan data menggunakantrianggulasisumber.Teknikanalisis data menggunakanmetodeinteraktif yang dimulaidaripengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian mengungkap mengenai Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Nurul Huda Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan Tahun 2020/2021 yang digunakan fungsi Manajemen Program Tahfidz dalam 4 penelitian a) Perencanaan Program Tahfidz di MTs Nurul Huda Timbang, b) Pengorganisasian Program Tahfidz di MTs Nurul Huda Timbang,selalu koordinasi atau rapat rutin disekolah terkait peningkatan prestasi siswa serta diskusi sesama guru mencari solusi permasalahan di kelas, serta kepala sekolah dan pengawas, c) Pelaksanaan Program Tahfidz :disesuaikan standar kurikulum, penambahan materi, dalil dan gambar. disampaikan siswa, supaya siswa mempunyai pemahaman yang lebih luas.d) Pengawasan Program Tahfidz; dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sesuai jadwal satu bulan sekali. 2) Hambatan;(A) kurangnyakesadaransiswatentangpentingnya Program tahfiddz Al-Qur’an (B) kurangnyamotivasi, (C) materi yang terbatas, (D) ketersediaanwaktu yang terbatas.FaktorEksternalyaitu: (a) lingkungankeluarga (b) lingkungansekolah. 3) Solusi; a)siswamenyadaripentingnyaTahfidz Al-Qur’an,(b) tambahanwaktu (c) motivator orang tua (d)saranaprasarana ,(e) kerjasamalingkungankeluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Manajemen Kurikulum: Pendidikan Kecakapan Hidup, (Yogyakarta: Pustaka Ifada, 2018)
Collins, Gillian and Hazel Dixon, Integrated Learning: Planned Curriculum Units Stage 3. (Gosford: Bookshelf Publishing, 2011)
Darut Taqwa. “Sejarah Berdirinya Pondok”. ppdaruttaqwa. 2020. Accessed Apr 16, 2020. http://ppdaruttaqwa.com/sejarah/sejarah-berdirinya-pondok/
Darut Taqwa. “sejarah/selayang-pandang/tujuan-pondok”. Ppdaruttaqwa. 2020. Accessed Apr 16, 2020. http://ppdaruttaqwa.com/sejarah/ selayang-pandang/tujuan-pondok/
David, R Fred, Program Tahfidz Al-Qur’anc Management, edisi 10, (New Jersey: Prentice Hall, 2017)
Faqih, Ahmad, and Fidya Arie Pratama. "Pengembangan Adaptive Learning Berbasis Multimedia 3D Materi Sistem Bilangan Real." Prosiding Seminar Nasional Unimus. Vol. 2. 2019.
Fogarty, Robin. The Mindful School: How to Integrate the Curricula, (Palatine: Skylight Publishing Inc, 2011)
Frazee, B. M. & R. A. Rudmitski, Integrating Teaching Methods, (Washington: Delmar Publishers, 2015)
Hitt, Michael A. Ireland, R Duade. Hoskinson, Robert E. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an: Menyongsong Era Persaingan dan Globalisasi, (Jakarta: Erlangga, 2017)
Inayati, Nurul Latifatul. Arina H, Isnaya. dan Al Hadi, Izzah Azizah. “Pelaksanaan Program Kulliyatu Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Hafalan Santri”. Vol 30 No 1 (2018): 23.
Iriantara, Yosal, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Publik Relations, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2014)
John A. Pearce II dan Richard B. Robinson, Jr. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, (Jakarta: 2014)
Kholis, Nur, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Pendidikan: Formulasi, Implementasi, dan Pengawasan. (Surabaya: UIN SA Press, 2014)
MARZUKI, M. D. A. LITERASI DIGITAL: SUMBER PAHAM KEAGAMAAN PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN DI PTIQ JAKARTA DIGITAL LITERATION: SOURCE OF RELIGIOUS UNDERSTANDING IN AL-QUR’AN RECITER STUDENTS IN PTIQ JAKARTA.
Moleong, Lexy, J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002)
Murniati, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank: Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan, (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 20018)
Muryadi, Agustanico Dwi. “Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi”. ISSN: 2442-3874 Vol 3 No1 (2017): 2
Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011)
Pratama, F. Arie, et al. "Learning Innovation Using the Zahir Application in Improving Understanding of Accounting Materials." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1477. No. 3. IOP Publishing, 2020.
Pratama, Fidya Arie, and Nining Rahaningsih. "Penggunaan Media Windows Movie Maker Untuk Memprediksi Pemahaman Matakuliah Akuntansi Dengan Metode Support Vector Machine." JOURNAL INFORMATICS, SCIENCE & TECHNOLOGY 10.1 (2020).
Pratama, Fidya Arie, and Odi Nurdiawan. "Peningkatan Pemahaman Akuntansi Dengan Menggunakan Software Zahir." Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7.2 (2019): 117-126.
Prawirosentono, Suryadi. Primasari, Dewi, Manajemen Stratejik dan Pengambilan Keputusan Korporasi, (Jakarta: Bumi Askara, 2016)
Rizka, Nisrina Nur, and Fidya Arie Pratama. "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching melalui Strategi Tandur untuk Meningkatkan Kompetensi Kognisi Siswa." Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) 6.1 (2018): 183-192.
Rohmatillah, Siti. Shaleh, Munif. “Manajemen Kurikulum Program Tahfidz”. JPII Volume 3 Nomor 1 (2018): 110.
Sagala, Saiful, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Pembuka Ruang Kreativitas, inovasi dan pemberdayaan potensi sekolah dalam sistem otonomi sekolah, (Bandung: Alfabeta, 2013)
Sagala, Syaiful. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Siagian, Sondang P, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Sihombing, U, Pendidikan Luar Sekolah, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an, Konsep, Kiat dan Pelaksanaan, (Jakarta: P.D. Mahkota, 2010)
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)
Sulistyorini Manajemen Pendidikan Islam, Konsep, Program Tahfidz Al-Qur’an dan Aplikasi, (Yogyakarta: Teras: 2019.
Susanto, AB, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank Komprehensif, (Jakarta: Erlangga, 2015)
Umar, Husein, Desain Penelitian Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an, (Jakarta: Rajawali Pers, 2010)
Wahyudi, Agustinus Sri, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank (Pengantar Proses Berpikir Program Tahfidz Al-Qur’ank), (Binarupa Aklsara, 2016)
Wheelen, Thomas L & J. David Hunger. Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an (II ed.). (Yogyakarta: Andi, 2012)
Wijaya Tunggal, Amin, Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’ank Untuk Memenangkan Kompetisi, (Harvarindo, 2019)
Published
2021-01-04
How to Cite
ABDURAHMAN, Oman; AMIRUDIN, Amirudin. MANAJEMEN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS NURUL HUDA TIMBANG KECAMATAN CIGANDAMEKAR KABUPATEN KUNINGAN. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 60-71, jan. 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/280>. Date accessed: 29 dec. 2024.