Pengambilan Keputusan Pemimpin Pendidikan Berlandaskan Agama, Filosofi, Psikologi, Dan Sosiologi
Abstract
This study aims to determine how educational leaders make decisions based on religion, philosophy, psychology and sociology. The wheels of educational organization will not run smoothly if the decision making does not pay attention to these foundations, especially on complex problems. This study uses a literature method with a descriptive qualitative approach. Islam has provided guidance for an educational leader in making the right decisions, namely through deliberation and obeying government regulations (Laws, Government Regulations, Ministerial Regulations, Regional Regulations etc.). Philosophically, leaders must be able to think critically about the problems at hand, determine problems and root causes accurately, analyze and conclude so that they can be accepted logically by all interested parties in education. Psychologically, the decisions taken must be believed to be true so that they can be accepted and carried out happily by members and stakeholders. Sociologically, the decisions made can establish better ties of cooperation between internal organizations and external organizations, both as users of educational services or as supporters of the educational organization itself. Intakes that use a variety of bases will be more acceptable to all parties.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengambilan keputusan pemimpin pendidikan berlandaskan agama, filosofi, psikologi dan sosiologi. Roda organisasi pendidikan tidak akan berjalan mulus jika dalam pengambilan keputusan kurang memperhatikan landasan-landasan tersebut terutama pada masalah yang komplek. Penelitian ini menggunakan metode literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Islam telah memberikan petunjuk bagi seorang pemimpin pendidikan dalam pengambilan keputusan yang tepat yaitu melalui musyawarah dan mentaati aturan pemerintah (Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, Peraturan daerah dsb). Secara filosofis, pemimpin harus mampu bernalar kritis terhadap masalah yang dihadapi, menentukan masalah dan akar masalah secara akurat, menganalisa dan menyimpulkan agar dapat diterima secara nalar oleh semua pihak yang berkepentingan dalam pendidikan. Secara psikologi, keputusan yang diambil harus diyakini kebenarannya agar dapat diterima dan dijalankan dengan senang hati oleh para anggota dan stakeholder. Secara sosiologis, keputusan yang dibuat dapat menjalin ikatan kerjasama yang lebih baik diantara intern organisasi, dengan ektern organisasi baik sebagai pengguna jasa pendidikan ataupun pendukung organisasi pendidikan itu sendiri. Pengambilan yang menggunakan beragam landasan akan lebih dapat diterima oleh semua pihak.
Downloads
References
Herlan Suherlan, Yono Budhiono, Psikologi Pelayanan, Media Perubahan, Bandung, 2013.
Katsir. Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir. Maktabah Al Tsaqafa Al Diniya. 2004
Murdianto, Sosologi Perdesaan: Pengantar untuk Memahami Masyarakat Desa, Yogyakarta: Wimaya Press.
Rosyid Ranggawijaya Royid, Penagntar Ilmu Perundang-undangan Indonesia, Mandar Maju, Bandung 2016
Sauri, Sofyan & Nurdin, Diding. Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai. Bandung: Refika Aditama. 2019.
Syah, Muhibbin, “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baruâ€, Bandung. Remaja Rosdakarya. 2001
Syaikh Imam al-Qurtubi, Tafsir al-Qurtubi Jilid 3 (Jakarta: Pustaka Azzam, 2007).
Abdul Azis, Kepemimpinan Kiyai Sebagai Pemimpin Pendidikan Di Pondok
Amilda dan Nina Wati, Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sd It) Harapan Mulia Palembang, Jurnal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 2, 2016
As-Said, Muhammad. FIlsafat sebagai Metode Pendekatan Studi Islam. Jurnal Studi Islam dan Humaniora Khazanah. 2019. P-ISSN: 0215-837X. E-ISSN: 2460-7606
Diki Kurniawan, Abdul Karim, Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Status Akreditasi Di Smk Negeri Se-Kota Jayapura jurnal idaarah, vol. iv, no. 1, juni 2020
Esther Christiana, Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia Jurnal Humaniora Vol.4 No.1 April 2013
Mu’min, Sitti Aisyah. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No.1 Januari-Juni 2013.
Nasution, Wahyudin Nur. Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. JURNAL TARBIYAH, Vol. 22, No. 1, Januari-Juni 2015 ISSN: 0854-2627
Pesantren Nurulhuda Pakandangan Barat Sumenep, Journal of Islamic Education Management Desember, Vol. 3 No. 2, 2017
Saifuddin. Kajian Agama dan FIlsafat tentang Kebenaran. Jurnal Islam Futura. Vol. VII, No.2, Tahun 2008
Syatriadin. Landasan Sosiologis dalam Pendidikan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan. Vol. 1 No. 2 November 2017. ISSN 2598-9944
Tanzhim, Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Vol.10 No.1 Tahun 2016 ISSN:2548-3978
Truman L. Kelley. Jurnal Science https://science.sciencemag.org/
Website:
Parta Ibeng, Definisi Keterampilan Menurut Para Ahli , https://Pengertian.co.id 2021
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.