Pengelolaan Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi

  • Rohman Rohman Universitas Islam Nusantara
  • Neneng Komariah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sofyan Sauri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

Management is synonymous with management. Management is defined as the art of managing human resources so that they are willing to do work voluntarily and together achieve the goals that have been set effectively and efficiently. Referring to the expert opinion on the notion of management, not all daily activities are called management, only activities that have the following characteristics are called management, namely: 1) used for group efforts, 2) the common goals to be achieved are clearly formulated, 3) In achieving the goal, there is a unification of thoughts, feelings, will, energy, materials, tools, and space, 4) Always evaluating, 5) The achievement of goals is carried out systematically, integrated, controlled, and consistently, 6) The division of labor is regulated and detailed clearly and unequivocally. Management elements consist of people, money, goods, machines, methods and market share. Executors of management are called managers or leaders. Leadership is the ability of a leader to influence, coordinate, and move others to achieve the educational goals that have been set. Management activities are often equated with the term management. Good and correct management is actually a necessity and obligation for all elements of society in order to achieve the goals that have been determined effectively and efficiently. In Islamic teachings, it is said that all humans are leaders in the sphere of life they are living and will be responsible for whatever they lead. Leadership is the ability of leaders to influence, coordinate, and mobilize other people who have to do with the implementation and development of education to achieve educational goals effectively and efficiently. Some things that usually underlie the leadership style of education, including aspects of religion, philosophy, psychology and sociology. Educational leaders who are based on a religious foundation will manage all that is within their authority to be directed to the religious concepts they believe in while upholding tolerance. Leaders who are based on philosophy will mobilize all their components to implement the philosophy they believe in. Leaders who believe that psychology is an important thing that must be considered in all important decisions under their authority. And leaders who are based on sociology, will be sensitive to the conditions and social situations they experience, so that all management activities are directed to resolve social issues that hinder them. This study uses a type of qualitative method by referring to library research, meaning that the research is limited to existing reading references and does not directly observe conditions in the field.


Abstrak


Pengelolaan identik dengan manajemen. Manajemen diartikan sebagai seni dalam mengatur sumber daya manusia agar mau melakukan pekerjaan dengan sukarela dan bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan efektif dan efisien. Merujuk kepada pendapat ahli tentang pengertian manajemen, maka tidak semua kegiatan keseharian disebut manajemen, hanya kegiatan yang mempunyai ciri – ciri berikut yang disebut manajemen, yakni: 1) digunakan terhadap usaha –usaha kelompok, 2) Tujuan bersama yang ingin dicapai dirumuskan dengan jelas, 3) Dalam mencapai tujuan terdapat penyatuan pikiran, perasaan, kemauan, tenaga, bahan, alat, dan ruangan, 4) Selalu melakukan evaluasi, 5) Pencapaian tujuan dilakukan secara sistematis, terpadu, terkontrol, dan konsisten, 6) Pembagian kerja diatur dan dirinci secara jelas dan tegas. Unsur manajemen terdiri dari manusia, uang, barang, mesin, metode dan pangsa pasar. Pelaksana manajemen disebut manajer atau pemimpin.  Kepemimpinan merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam mempengaruhi, mengkoordinir, dan menggerakkan orang lain agar Bersama-sama mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Kegiatan manajemen seringali disejajarkan dengan istilah pengelolaan. Pengelolaan yang baik dan benar sejatinya menjadi  kebutuhan dan kewajiban bagi semua unsur masyarakat agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan efektif dan efisien. Dalam ajaran Islam, dikatakan bahwa semua manusia adalah pemimpin dalam lingkup kehidupan yang sedang dijalaninya dan akan mempertanggungjawabkan apa- apa yang dipimpinnya. Kepemimpinan merupakan kemampuan pemimpin untuk mempengaruhi, mengkoordinir, dan menggerakkan orang-orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Beberapa hal yang biasanya melandasi corak kepemimpinan Pendidikan, diantaranya aspek agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Pemimpin Pendidikan yang berpijak pada landasan agama akan mengelola semua yang menjadi wewenangnya untuk diarahkan pada konsep keagamaan yang diyakininya dengan tetap menjunjung tinggi toleraansi. Pemimpin yang berlandaskan filsafat akan mengerahkan seluruh komponen yang dimilikinya untuk menerapkan faham filsafat yang diyakininya. Pemimpin yang meyakini bahwasanya psikologi menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan dalam semua keputusan penting yang menjadi wewenangnya. Dan Pemimpin yang berlandaskan sosiologi, akan peka dengan kondisi dan situasi  sosial yang dialaminya, hingga semua kegiatan pengelolaan diarahkan untuk menyelesaikan isu-isu sosial yang menghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan merujuk kepada  penelitian kepustakaan (library research), artinya Penelitian terbatas pada referensi bacaan yang ada dan tidak secara langsung mengamati kondisi di lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi, 2013. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Asmoro Achmadi. 2010. Filsafat umum. Jakarta: Rajawali

Badeni. (2013). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi (edisi kesatu). Bandung:Alfabeta

Dadang Kahmad, 2002, Sosiologi Agama. Bandung: Pustaka Setia

Dewan Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Pusat bahasa Dep. Pendidikan Nasional.

Hadi, Y, Sumandiyo. 2005. Sosiologi tari: sebuah pengenalan awal. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah Yaqub. 1983. Menuju Keberhasilan: Manajemen dan Kepemimpinan. Bandung: Diponegoro

Handoko, T. Hani. 1995. Manajemen. Yogyakarta: BPFE UGM.

Hasibuan, Malayu Sp. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan-4. Jakarta: Bumi Aksara

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT Raja Grafindo

Lubis, M, Ridwan. 2015. Agama Dalam Diskursus Intelektual Dan Pergumulan
Kehidupan Beragama Di Indonesia. Jakarta: Pusat Kerukunan Umat Beragama

M. Karyadi. 1989. Kepemimpinan. Bandung: Karya Nusantara.

Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi.
Aksara.

Mubarak, Zulfi. 2006. Sosiologi Agama: Agama dan filsafat sosial. Cet.1 Malang: UIN
Malang Press

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Remaja Rosda Karya

Muzairi. 2009. Filsafat Umum. Yogyakarta: Teras

Ramayulis. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:Kalam Mulia

Soekanto Soerjono. 2007. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada.
Siagian,P, Sondang, 2003. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Supiana. 2008. Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan. Jakarta: Badan Litbang &
Diklat Departemen Agama

Terry, R, George and Leslie W. Rue. 2011. Dasar-Dasar manajemen (Terj. G.A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara

UU No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Uyoh Sadulloh. 2010. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Zainal, Veithzal, Rivai. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi . Jakarta: Raja
Grafindo Persada
Published
2021-07-16
How to Cite
ROHMAN, Rohman et al. Pengelolaan Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosiologi. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 43-52, july 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/385>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v3i1.385.