MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATERMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Agus Sutiawan SMPN I Palasah

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen guru dalam pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid-19.  Penelitian ini bertolak dari adanya kebijakan pemerintah terkait tuntutan belajardi era pandemi covid-19 yang berbasis online. Kebijakan ini tentunya memberikan berbagai kesulitan, hambatan dan keterbatasan yang dihadapi oleh guru. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menemukan formula baru terkait upaya  guru dalam mengatur, manajemen pembelajaran Matematika mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.


Penelitian ini menggunakan metode deskriftif analisis, dengan instrument pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan kuisioner. Sebagai informan penelitian yaitu guru-guru matematika di MGMP Kabupaten Majalangka.


Hasil penelitian diperoleh gambaran terkait langkah-langkah guru dalam mengatur pembelajaran Matematika di era pademi yaitu sebagai berikut: pertama, Tahap perencanaan (planning) berupa penyamaan standar ketuntasan, penyusunan materi, pengadaan administrasi pembelajaran dan penyediaan sarana on line sperti WAG, Google Meet dan Goodle Form; Kedua Tahap Pengelolaan (organization) yaitu publikasi dan sosialisasi langkah-langkah yang sudah direncanakan kepada pihak sekolah, guru, orang tua dan siswa melalui on line dan pertemuan terbatas; ketiga, tahap pelaksanaan (actuating) yaitu dengan penyampaian tutorial melalui google meet, pendalaman dan kuis melalaui google form, dan Tanya jawab/ problem solving layanan pembelajaran melalaui WAG; keempat, tahap evaluasi (evalution) yaitu melalui google form dengan bentuk kuis terbatas dan remedial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Mulyasa, 2024. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, (Proyek Pemberdayaan Kelembagaan dan Ketatalaksanaan Pada Madrasah dan PAI pada Sekolah Umum Tingkat Dasar.
Harahap, Laksamana Arnanda. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas dan Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di SMA Negeri Se-Kota Pekanbaru,Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 1441/2020,http://repository.uin-suska.ac.id (Diakses 12 Maret 2020).
Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syafaruddin, 2005. Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press)
Alfian Erwinsyah, Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 2: Agustus 2017, http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392, (Diakses 10 Maret 2021).
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wibowo, 2013. Manajemen Perubahan, (Jakarta: RajaGranfindo Persada).
García-Peñalvo, F. J., Corell, A., Abella-García, V., & Grande, M. (2020). Online assessment in higher education in the time of COVID-19. Education in the Knowledge Society,
Yusuf, Ujang Andi. Kebutuhan Ilmu Manajemen Pendidikan Islami dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi 4.0,
Published
2021-12-30
How to Cite
SUTIAWAN, Agus. MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN MATERMATIKA DI ERA PANDEMI COVID-19. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 127-138, dec. 2021. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/413>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v3i2.413.