EVALUASI PRORGAM LITERASI MATEMATIKA SEBAGAI MILLEU PENGEMBANGAN KECERDASAN MATEMATIK
Studi Kasus di SMPN I Palasah-Majalengka
Abstract
Penelitian ini mengkaji evaluasi terhadap program literasi matematika sebagai instrumen pengembangan kecerdasan matematika di kalangan siswa SMPN I palasah. Penelitian ini menjadi penting untuk menjamin kelangsungan manajemen kegiatan literasi matematika dan perbaikan ke depan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi untuk menilai siswa oleh guru serta penilaian diri oleh siswa. Objek penelitian yang dilibatkan adalah 4 orang guru dan 78 orang siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat ditarik sebuah simpulan bahwa program literasi matematika di SMPN I palasah Majalengka, memberikan pengaruh besar terhadap pembentukan kemampuan berpikir matematika siswa, meskupun belum begitu maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh kejelasn konteks kegiatan, input program, dan proses yang memadai. Meskipun masih terdepat kelemahan-kelemahan/ kendala seperti aspek motivasi dan keaktifan siswa yang masih terbatas serta persoalan covid-19.
Downloads
References
Permendikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Standar Isi.
Fathani, Abdul Halim. 2013. Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Ditinjau dari Tingkat Kecenderungan Kecerdasan Matematik dan Linguistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 18 Mei 2013. Malang: UIN Malang.
Gardner, Howard. 1998. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: BasicBooks.
Johar, Rahmah. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaaâ€. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober 2012.
Jufri, Lucky Heriyanti 2015. Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung. LEMMA. Vol II No. 1, November 2015.
Thomson, Sue. 2013. A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy. Australia: ACER Press.
Maryanrendahti. 2012. Peningkatan Literasi mMatematika Peserta didik Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
OECD. 2010. Matemathics Framework. Paris: PISA, OECD Publishing
Pasific Pacific Policy Research Center. 2010. 21st Century Skills for Students and Teachers, Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation
Stecey, K & Tuner, R., 2015. Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience, Australia: Springer.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.