JURNAL MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP AL IKHLAS ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

JURNAL

  • MAKSUM Mak Sum Manajemen

Abstract





 


Kata Kunci : Manajemen ; Pembiayaan ; Pendidikan




 


    Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon baik dari sisi sistem penganggaran, pengorganisasian, pembukuan pembiayaan, dan sistem pengawasan. SMP Al Ikhlas Astanajapura dalam mengelola keuangan terlihat tertib dan rapi. Pengelolaan keuangan dipegang oleh bendahara sekolah dan dibantu oleh kepala Sekolah sebagai pengontrol biaya keluar. Efisiensi dan efektivitas manajemen pembiayaan pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura akan diukur tingkat keberhasilan penggunaan dana dalam membiayai semua program yang menjadi prioritas pengembangan sekolah. Indikator keberhasilan tersebut dapat diukur dari proses penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembiayaan pendidikan, penyerapan anggaran serta kelancaran proses pembelajaran, prestasi siswa diberbagai bidang, prestasi sekolah baik akademis maupun non akademis, dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karenanya perlu penelitian strategi perencanaan manajemen pembiayaan pendidikan yang dimaksudkan untuk memotret sekolah tersebut, bahwa dengan desain penganggaran (budgeting), pembukuan (actuating), dan pemeriksaan (auditing) pembiayaan pendidikan yang baik dapat menghasilkan output yang sesuai harapan dan RKAS, Koperasi, Produksi Percetakan, Kantin dan Donatur yang dapat dijadikan pedoman dengan anggaran nyata tanpa rekayasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling dipilih dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan : (1) Anggaran Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon telah dilakukan dengan semaksimal mungkin, yaitu dengan cara mengefektifkan seluruh sumber daya yang ada, dalam rangka menunjang ketercapaian proses pembiayaan pendidikan, sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. (2) Pengorganisasian di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon sudah terlaksana dengan efektif. Hal tersebut sudah terbukti dengan adanya penetapan susunan organsiasi yang disusun dengan terstruktur dan pengelompokkan komponen kerja kedalam struktur organisasi yang tersusun teratur. (3) Pembukuan Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon telah berjalan efektif. Dalam hal ini pembukuan pembiayaan pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon, sebagai implikasi bahwa stakeholder SMP telah melakukan pembukuan pembiayaan pendidikan dengan baik. (4) Pengawasan Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon sudah sangat efektif. Kepala Sekolah berperan sebagai pimpinan dalam mengontrol bawahannya baik Bendahara Sekolah, Dewan Guru, Staff TU.









 


 
 



 


Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP Al Ikhlas Astanajapura Kabupaten Cirebon


 


 






Keywords: Management;  Financing;  Education.




Abstract


This study aims to determine the Education Financing Management at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency both in terms of the budgeting system, organizing, financial accounting, and supervision systems. SMP Al Ikhlas Astanajapura in managing finances looks orderly and neat. Financial management is held by the school treasurer and assisted by the school principal as controlling outgoing costs. The efficiency and effectiveness of education financing management at SMP Al Ikhlas Astanajapura will be measured the level of success in using the funds in financing all programs that are priority for school development. These indicators of success can be measured from the process of budgeting, implementing, and evaluating education funding, budget absorption and the smoothness of the learning process, student achievement in various fields, school achievement both academically and non-academically, and support from various parties. Therefore it is necessary to research education financing management planning strategies that are intended to portray these schools, that with a budgeting design, actuating, and auditing good education financing can produce output that matches expectations and RKAS, Cooperatives, Production Printing, Canteen and Donors that can be used as guidelines with real budgets without engineering. This research uses a qualitative approach. Data were collected through observation, in-depth interviews and documentation. The sampling technique was selected by purposive sampling technique. The results showed: (1) The budget for education funding at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency has been carried out to the maximum extent possible, namely by making all available resources effective, in order to support the achievement of the education financing process, according to with a predetermined purpose. (2) The organization at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency has been carried out effectively. This has been proven by the existence of a structured organizational structure and grouping work components into an organized organizational structure. (3) Bookkeeping of Education Financing at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency has been effective. In this case the bookkeeping of education financing at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency, as an implication that junior high school stakeholders have carried out education financing books properly. (4) Supervision of Education Financing at SMP Al Ikhlas Astanajapura Cirebon Regency has been very effective. The principal plays a role as a leader in controlling his subordinates, both the School Treasurer, the Teacher Council, and the Administration Staff.





Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-26
How to Cite
SUM, MAKSUM Mak. JURNAL MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP AL IKHLAS ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 45-53, dec. 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/590>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i2.590.