MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID

  • Rusita - Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mintarsih Danumihardja IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Pendidikan karakter sudah mulai berkurang di setiap satuan pendidikan, lebih mengutamakan pengetahuan dari pada karakter, sehingga peserta didik banyak yang mempunyai sikap atau karakter yang kurang terpuji.  Masih banyak tawuran antara peserta didik sehingga masyarakat merasa terganggu dan tidak nyaman. Minum keras diminum oleh peserta didik tanpa ada pemikiran bisa merusak alat untuk berfikir yaitu otak.  Perkembangan teknologi juga dapat mempengaruhi karakter peserta didik yang negatif, seperti sifat individualistik dan informasi yang negatif.  Penelitian tentang Manajemen Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon merupakan fokus penelitian yang perlu di teliti karena kegiatan ekstrakurikuler Tripala sudah berjalan dengan intensitas yang tinggi dan terorganisir dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon pada aspek manajerial.  Penelitian menggunakan pendekatan kualitatip dengan metode studi kasus dan sumber data purposive dan snowball sampling meliputi kiyai, ketua Tripala, pembina dan Kepala Sekolah. Instrumen penelitiannya peneliti dengan mengumpulkan data sesuai caranya yaitu wawancara mendalam, observasi, dokumen dan trianggulasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduction, display dan conclusion.  Keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas.  Manajemen Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Tripala di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon dilakukan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.  Perencanaan diawali dengan rapat tahunan sebanyak 2 kali, membuat program, jadwal, pemateri, menunjuk ketua Tripala dan pembina, pengurus dan peserta didik yang akan dilatih.  Pengorganisasian di pendidikan ekstrakurikuler Tripala meliputi pembagian tanggungjawab mulai dari ketua Tripala, pembina, pengurus dan peserta didik.  Pelaksanaan di pendidikan ekstrakurikuler Tripala meliputi lama pendidikan 4-6 bulan, wajib bagi siswa kelas X, pemberian materi, in door dan out door, mempraktekan, dan PHG (Pelatihan Hutan Gunung).  Pengawasan dilakukan langsung oleh pembina ke lapangan setiap latihan, baik pengawasan kepada pengurus maupun peserta didik, dan setiap harinya pembina dibantu oleh bagian kedisiplinan  untuk mengawasi peserta didik.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa Manajemen Pendidikan Karakter melalui ekstrakurikuler Tripala  mempunyai peran atau berkontribusi dalam membentuk, mengembangkan dan meningkatkan karakter peserta didik di Pondok Pesantren Nurul Hadid Cirebon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allawiyah, L. N. (2019, January 17). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Unggul. Pikiran Rakyat.
Editorial. (2019, February 19). Pendidikan Karakter Sejak PAUD. Suara Cirebon.
Hilmy, F. (2020). Wawancara dengan Ketua Tripala di Taman.
Lickona, T. (2016). Educating For Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Syaefuddin, R. A. (n.d.). Bahaya Gadget Pudarkan Rasa Kepedulian. Suara Cirebon.
Terry, G. R., & Rue, L. W. (1993). Dasar-Dasar Manajemen. PT. Bumi Aksara.
Widiantari, D. (2020). Analisis Nilai Karakter Melalui Program Vocational Camp Di Madrasah Aliyah Daarul Ulum PUI Majalengka. In Eduprof : Islamic Education Journal (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.28
Published
2022-06-28
How to Cite
-, Rusita; DANUMIHARDJA, Mintarsih. MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER TRIPALA DI PONDOK PESANTREN NURUL HADID. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17-29, june 2022. ISSN 2684-9208. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edulead/article/view/595>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v4i1.595.