PERKEMBANGAN SOSIAL MANUSIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsep Islam pada tahap perkembangan sosial dan memetakan fase-fase perkembangan sosial manusia dalam perspektif lslam yang berasal dari Al Qur'an dan Al Hadis dibandingkan dengan konsep psikologi sebagai salah satu kontribusi ilmiah untuk keberhasilan membesarkan anak-anak di sesuai dengan ajaran Islam. Ini adalah penelitian pusataka dengan mengungkapkan teks-teks dari Al-Qur’an dan Al Hadits serta sumber data relevan lainnya yang dianggap memiliki kajian psikologis. Islam tidak hanya diukur sebatas ibadah, tetapi juga mengatur segenap aspek kehidupan dan masalah-masalah yang muncul dalam masyarakat. Islam merupakan bagian dari masyarakat sehingga terlibat dalam hubungan masyarakat sosial dan memiliki aturan dan tata cara yang telah diajarkan dengan baik dalam bermasyarakat. Ilmu sosial dipandang sebagai ilmu yang memahami atau mempelajari tentang perilaku manusia dengan masyarakat disekitarnya. Dalam ajaran Islam, pandangan sosial telah dikenal mengenai manusia terdiri dari jasad dan roh, hati nurani dan nafsu, keselamatannya bergantung pada kualitas hubungannya dengan Allah dan dengan sesamanya
Downloads
References
Asfiyah, Wardatul, & Ilham, Lailul. (2019). Urgensi pendidikan keluarga dalam perspektif hadist dan psikologi perkembangan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(1), 1–20.
Hanafi, Imam. (2018). Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi dan Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.
Khusni, Moh Faishol. (2018). Fase perkembangan anak dan pola pembinaannya dalam perspektif Islam. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 361–382.
Mayar, Farida. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464.
Narulita, Sari. (2015). Psikologi Islam Kontemporer. Jurnal Studi Al-Qur’an, 11(1), 55–69.
Nata, Abuddin. (2018). Pendidikan Islam di era milenial. Conciencia, 18(1), 10–28.
Rahman, Ulfiani. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57.
Rohayati, Titing. (2013). Pengembangan perilaku sosial anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Sari, Meliana. (2020). Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 37–46.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Cetakan Kelima. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widiastuti, Reski Yulina. (2015). Dampak perceraian pada perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 76–86.