IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

  • Rizki Nurjehan Guru SD Negeri 050763 Gebang

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji soal implementasi pembelajaran tematik berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Matematika tema pengukuran. Penelitian ini berangkat dari adanya upaya guru dalam penerapan CTL sebagai upaya inovasi pembelajaran Matematika di SD Negeri 050763 Kecamatan Gebang. Melalui penelitian ini diharapkan ada temuan baru terkait dengan model implementasi CTL dalam pembelajaran matematika serta efektivitasnya dalam peningkatan mutu pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analisis terhadap pembelajaran matematika tema pengukuran. Sedangkan instrumen pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sebagai informan dalam penelitian ini yaitu guru Matematika dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran tematik berbasis CTL di SD Negeri 050763 Kecamatan Gebang sudah berjalan sesuai dengan karakteristiknya (7 tahap). Hanya saja dalam tahap penilaian autentik masih belum belum memenuhi kriteria. Penerapan model ini memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang lebih baik bagi anak, dibuktikan dengan nilai yang dicapai sudah melampaui KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Johnson, E.B. (2014). CTL (ContextualTeaching & Learning). Bandung: Kaifa.
Nurjehan, Rizki. 2017. Penerapan CTL Berbasis Budaya Melayu PadaPembelajaran Matematika diKelas VIII. Jurnal Pendidikan Guru, 2 (1), 144 – 152.https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5447
Prastowo, Andi. 2014. PengembanganBahan Ajar Tematik. Jakarta : Prenada Media Group.
Rusman. (2011). Model-modelPembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali pers.
Suryatati, Eti, dkk. (2010). Theeffectiveness of RANGKAcontextual teaching andlearning on student’s problemsolving skills and acientificattitude. Procedia Social andBehavioral Sciences. 1717-1721.
Published
2020-08-31
How to Cite
NURJEHAN, Rizki. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 59-67, aug. 2020. ISSN 2715-7652. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/eduvis/article/view/454>. Date accessed: 06 jan. 2025.