Strategi Pencegahan Terjadinya Lose in Education di Desa Karangasem Berbasis Pendekatan ABCD
Pemberdayaan Oemah Sinau
Abstract
Pandemi COVID-19 sangat berdampak kepada dunia Pendidikan dan memberikan peluang terjadinya
lose in education bagi anak-anak di Desa Karangasem. Kuliah Pengabdian Masyarakat dengan
pendekatan Asset based community driven-development dilakukan guna mengembangkan potensi
kepedulian yang tinggi dari masyarakat di bidang pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk
mengembangkan potensi pendidikan masyarakat Desa Karangasem-Plumbon untuk mencegah
terjadinya lose-in education. Penelitian menggunakan pendekatan Asset based community drivendevelopment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan potensi Pendidikan untuk
mencegah terjadinya lose-in education ialah dengan melakukan penguatan kelembagaan menjadi
Oemah Sinau sebagai lembaga pendidikan nonformal mandiri sesuai dengan kebutuhan dan potensi
yang dimiliki masyarakat; bentuk pemberdayaan Lembaga Oemah Sinau dilakukan dengan
melaksanakan program akademis dan life skills; guna menjamin keberlanjutan lembaga dilakukan
dengan memberdayakan partnership dari potensi masyarakat setempat. Disimpulkan bahwa
pemberdayaan potensi pendidikan dengan membangun Oemah Sinau dapat mencegah terjadinya losein
education. Direkomendasikan agar pemerintah desa agar membentuk Lembaga Oemah Sinau di
setiap RW.
Downloads
References
RESPONSIF GENDER DENGAN.”
Bima Jati, Bima Jati, dan Gilang Rizki Aji Putra. 2020. “Optimalisasi Upaya Pemerintah
Dalam Mengatasi Pandemi Covid 19 Sebagai Bentuk Pemenuhan Hak Warga
Negara.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7(5). doi:
10.15408/sjsbs.v7i5.15316.
Daniel, Sir John. 2020. “Education and the COVID-19 pandemic.” Prospects 49(1–2):91–96.
doi: 10.1007/s11125-020-09464-3.
de-Graft Aikins, Ama, dan Bernard Akoi-Jackson. 2020. “„Colonial virus?: COVID-19,
creative arts and public health communication in Ghana.” Ghana Medical Journal
54(4):86–96. doi: 10.4314/GMJ.V54I4S.13.
Djausal, Gita Paramita, Alia Larasati, dan Lilih Muflihah. 2020. “Strategi Pariwisata Ekologis
Dalam Tantangan Masa Pandemik Covid-19.” Jurnal Perspektif Bisnis 3(1):57–61.
doi: 10.23960/jpb.v3i1.15.
Dubey, Souvik, Payel Biswas, Ritwik Ghosh, Subhankar Chatterjee, Mahua Jana Dubey,
Subham Chatterjee, Durjoy Lahiri, dan Carl J. Lavie. 2020. “Psychosocial impact of
COVID-19.” Diabetes and Metabolic Syndrome: Clinical Research and Reviews
14(5):779–88. doi: 10.1016/j.dsx.2020.05.035.
Huong, Le Thu, dan Teerada Na Jatturas. 2020. “The Covid-19 Induced Learning Loss –
What Is It and How It Can Be Mitigated?” The Education and Development Forum
(UKFIET). Diambil 23 April 2022 (https://www.ukfiet.org/2020/the-covid-19-
induced-learning-loss-what-is-it-and-how-it-can-be-mitigated/).
Ii, B. A. B., dan A. Kajian Pustaka. 2007. “No Title.” (20):14–63.
Kuntoro, Sodiq A. 2006. “Pendidikan Nonformal ( PNF ) Bagi Pengembangan Sosial.”
1(20):14–18.
Muskania, Ricka, dan Zulela MS. 2021. “Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah
Dasar Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(2):155–65.
doi: 10.29407/jpdn.v6i2.15298.
Rothan, Hussin A., dan Siddappa N. Byrareddy. 2020. “The epidemiology and pathogenesis
of coronavirus disease (COVID-19) outbreak.” Journal of Autoimmunity
109(February):102433. doi: 10.1016/j.jaut.2020.102433.
Rudiyanto, Mohammad, dan Ria Kasanova. 2021. “Dampak Covid-19 Terhadap
Implementasi Pendidikan Karakter Impact of Covid-19 on The Implementation of Character Education.” Jurmal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) 1(5):209–
13.
Rusydiyah, Evi Fatimatur, Hernik Farisia, dan Agus Prasetyo Kurniawan. 2018. “Akselerasi
Surabaya Sebagai Kota Literasi Melalaui Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Literasi
Berbasis Pendekatan Asset Based Community Driven-Development ( ABCD ).” 341–
66.
Saputra, Hanafi, dan Yeni Marcelawati. 2020. “Analisis Ruang Percepatan: Dinamika
Pendidikan Di Era Pandemi Covid 19.” RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi
Progresif Aktual 2(2):160–74. doi: 10.29303/resiprokal.v2i2.43.
Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal
Kajian Ilmiah 1(1):73–80. doi: 10.31599/jki.v1i1.265.
Srirejeki, Kiky, Agus Faturahman, Permata Ulfah, dan Eliada Herwiyanti. 2020. “Pemetaan
Potensi Desa untuk Penguatan Badan Usaha Milik Desa dengan Pendekatan Asset
Based Community-Driven Development.” 23(1).
Sugihamretha, I. Dewa Gde. 2020. “Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19
Pada Sektor Pariwisata.” Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal
of Development Planning 4(2):191–206. doi: 10.36574/jpp.v4i2.113.
Sutarna, Nana, Arrofa Acesta, Nika Cahyati, Sendi Fauzi Giwangsa, Dedi Iskandar, dan
Harmawati Harmawati. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Siswa usia 5-8
tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):288–97. doi:
10.31004/obsesi.v6i1.1265.