Faktor Penghambat Belajar Dari Rumah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN 01 Kemantren

  • Rizqi Isnaeni Fajri Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Rofiqo Tri Lestari Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Faza Amalia Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Dian Ajeng Pratiwi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Husnul Khotimah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ila Fashihah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Inaya Ilahanna Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Jamila Jamila Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Jihan Wahyuni Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nurul Fadhilah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor penghambat pembelajaran secara daring pada masa pandemi
covid 19. Kajian ini dilatarbelakangi dengan adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar
dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-
19. Penelitian ini bertujuan agar orangtua mengetahui faktor yang menjadi penghambat pada saat
mendampingi putra/i belajar dari rumah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan
kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh tim penelitian, peneliti memberikan kuesioner terbuka
kepada subjek yaitu orangtua siswa usia sekolah 9-10 tahun. Selain itu kita mengadakan edukasi untuk
mencari solusi dari faktor penghambat selama belajar dari rumah berlangsung yang dilakukan secara
daring. Didapatkan dari penelitian ini bahwa orangtua siswa memiliki faktor penghambat dalam
pendampingi belajar dari rumah yaitu orangtua kesulitan memahami materi yang sedang dipelajari
oleh anak, sehingga menimbulkan ekspersi emosi marah, kesal, sebal. Selain itu keterbatasan gadget
yang dimiliki dan kendala signal juga menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods
Approaches. SAGE.
Holmberg, Borje. 2005. Theory and Practice of Distance Education. Routledge.
Keegan, Desmond. 1996. Foundations of Distance Education. Psychology Press.
Rumble, Greville. 1989. ??Open Learning‘, ?Distance Learning‘, and the Misuse of
Language.? Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning 4(2): 28–
36. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/0268051890040206 (April 24,
2022).
Zahra, Tsaniya, Yuthika Wardhani, and Hetty Krisnani. 2020. ?OPTIMALISASI PERAN
PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLI NE
DI MASA PANDEMI COVID-19.? : 48–59.
Published
2022-04-30
How to Cite
FAJRI, Rizqi Isnaeni et al. Faktor Penghambat Belajar Dari Rumah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN 01 Kemantren. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 01, p. 48-53, apr. 2022. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/1711>. Date accessed: 01 jan. 2025.