Faktor Penghambat Belajar Dari Rumah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di SDN 01 Kemantren
Abstract
Penelitian ini membahas tentang faktor penghambat pembelajaran secara daring pada masa pandemi
covid 19. Kajian ini dilatarbelakangi dengan adanya surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar
dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-
19. Penelitian ini bertujuan agar orangtua mengetahui faktor yang menjadi penghambat pada saat
mendampingi putra/i belajar dari rumah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan
kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh tim penelitian, peneliti memberikan kuesioner terbuka
kepada subjek yaitu orangtua siswa usia sekolah 9-10 tahun. Selain itu kita mengadakan edukasi untuk
mencari solusi dari faktor penghambat selama belajar dari rumah berlangsung yang dilakukan secara
daring. Didapatkan dari penelitian ini bahwa orangtua siswa memiliki faktor penghambat dalam
pendampingi belajar dari rumah yaitu orangtua kesulitan memahami materi yang sedang dipelajari
oleh anak, sehingga menimbulkan ekspersi emosi marah, kesal, sebal. Selain itu keterbatasan gadget
yang dimiliki dan kendala signal juga menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran jarak jauh.
Downloads
References
Approaches. SAGE.
Holmberg, Borje. 2005. Theory and Practice of Distance Education. Routledge.
Keegan, Desmond. 1996. Foundations of Distance Education. Psychology Press.
Rumble, Greville. 1989. ??Open Learning‘, ?Distance Learning‘, and the Misuse of
Language.? Open Learning: The Journal of Open, Distance and e-Learning 4(2): 28–
36. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/0268051890040206 (April 24,
2022).
Zahra, Tsaniya, Yuthika Wardhani, and Hetty Krisnani. 2020. ?OPTIMALISASI PERAN
PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLI NE
DI MASA PANDEMI COVID-19.? : 48–59.