Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di RA Darul Qur’an Desa Megu Gede Kabupaten Cirebon
Abstract
Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia.
Pendidikan di Indonesia memberlakukan program pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid-
19. Pembelajaran jarak jauh ini diberlakukan dengan tujuan agar mengurangi penyebaran virus covid-
19. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang dampak pembelajaran jarak jauh terhadap
pembelajaran siswa di RA Darul Quran Megu Gede Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran jarak jauh mempunyai dampak positif dan
dampak negative terhadap pembelajaran siswa. Dampak positif diantaranya anak mempunyai banyak
waktu untuk belajar di rumah bersama keluarga, anak belajar tentang teknologi. Selain itu terdapat
beberapa dampak negatif pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu, anak sulit konsentrasi, anak lebih mudah
jenuh, anak cenderung merasa bosan karena orang tua cenderung menuntut anak untuk bisa memahami
pembelajaran, anak lebih suka bermain dibandingkan belajar, dan siswa tidak secara maksimal
menerima materi pembelajaran karena guru kurang persiapan dalam memberikan pembejaran jarak jauh
serta keadaan rumah yang kurang kondusif.
Downloads
References
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. 2018. Qualitative Data
Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications
Moleong, Lexy J. 2010. “Metodologi Penelitian Kualitatif.” Bandung: Remaja Rosdakarya.