MODEL KERJASAMA MENUJU MASYARAKAT GEMAH RIPAH REPEH RAPIH DESA PALIR DENGAN PENDEKATAN ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT (ABCD)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Model Kerjasama menuju Masyarakat Gemah Ripah Repeh Rapih
Desa Palir dengan Pendekatan Asset based Community Development (ABCD)”. Penelitian ini
dilaksanakan Desa Palir Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui model Kerjasama antara pemerintahan desa dan warga
desa Palir dalam mewujudkan Masyarakat Gemah Ripah Repeh Rapih ditinjau dengan
pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). Penelitian ini akan menjelaskan
pendekatan Asset Based Community Development dilihat dari kapital manusia, kapital sosial,
kapital fisik, kapital keuangan, dan kapital lingkungan. Metode penelitian yang digunakan
metode penelitian studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi non partisipasi
dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik ABCD terletak
pada masyarakat yang dapat mendorong proses kerjasama itu sendiri dengan mengidentifikasi
dan mobilisasi asset yang ada, dari asset yang belum tergali, untuk menciptakan kesempatan
ekonomi lokal. Pada Desa Palir Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon masyarakat tetap
konsisten memelihara dan membangun asset yang mereka miliki dan mulai menggunakan apa
yang sudah ada dan tersedia di masyarakat. Namun, masih perlunya penguatan asset yang ada
di masyarakat agar lebih maksimal dan masyarakat dapat berdaya secara berkelanjutan. Oleh
karena itu, dibutuhkan penguatan ekonomi, pendidikan dan teknologi agar dapat lebih optimal.
Downloads
References
Jenggawah, Negeri et al. 2010. Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas
Jember Jember Digital Jember Digital Repository Repository Universitas Universitas
Jember.
Studi, Program et al. “Oleh : Cica Yulia, S.Pd, M.Si.”
Ummah, Izzatul. 2018. “Peningkatan Kualitas Pelayanan Eduwisata Dengan Menggunakan
Metode Servqual (Service Quality) Dan Model Kano (Studi Kasus : Taman Rekreasi
Sengkaling UMM).” : 4–24.