UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DARI USAHA TURUNAN JANGKRIK MELALUI DIGITALISASI POTENSI EKONOMI DI DESA GINTUNG KIDUL CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

  • Lubna Lutfia Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Dini Selasi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Hasan Sarip Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mia Mia Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Arif Zaenal Arifin Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nindiyana Nindiyana Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Iim Masruroh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Qoridatul Janah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Restu Fauji Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Sania Maya Salsabillah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Refhani Puspadini Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Salma Hanifah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Madhapi Madhapi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Manajemen menjadi sangat penting untuk peningkatan pendapatan masyarakat dan
menjadikan masyarakat desa dapat mandiri secara finansial. Untuk mewujudkan desa yang
mandiri dan berdaya saing, pemerintah meneliti dan menetapkan potensi ekonomi desa sebagai
sumber daya lokal. Potensi ekonomi masyarakat desa sebagai bahan pengembangan yang utama
seperti halnya potensi ekonomi di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin Kabupaten
Cirebon, dalam pengembangan potensi ekonominya mencakup salah satu nya usaha jangkrik.
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui digitalisasi potensi ekonomi di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon, dengan harapan
dapat mendorong serta meningkatkan usaha jangkrik dari produk turunan yang akan
dikembangkan melalui beragam digitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Hasil penelitain ini berupaya untuk meningkatkan upaya peningkatan
pendapatan masyarakat berupa produk turunan dari olahan jangkrik (nugget) yang semula hanya
dipasarkan dalam bentuk jangkriknya saja lalu dikembangkang menjadi Nugget Jangkrik
kemudian membuat bentuk digital marketing seperti pembuatan media sosial dan pembuatan
pembukuan sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andry Setiawan, Rindia Fanny Kusumaningtyas, I. B. Y. (2018). Diseminasi Hukum Hak Cipta
Pada Produk Digital di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian
Journal of Legal Community Engagement), 53–66.
Atmayanti, T., & Andiana, B. D. L. (2021). Strategi Pengembangan Home Industry Era New
Normal Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama (KUBE)“Arjanjang” Desa Selebung Ketangga, Kabupaten Lombok Timur).
JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 76–89.
Balqis Al Mardiyah, N. A. (2019). Pengaruh Penambahan Daun Kelor (Maringa Oleifera Lam)
Dan Tulang Ayam Terhadap Sifat Organoleptik dan Tingkat Nugget Ayam. E-Jurnal Tata
Boga, 8, 364–371.
Dr.Drs.H.Rifa?i Abu Bakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian.
Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal
Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.
Fauziyyah, D., Aisy, A. R., Pertiwi, W. P., & Sahrir, D. C. (2019). Pemanfaatan Jangkrik Alam
(Gryllus Sp) Sebagai Bahan Pakan Burung Murai Batu (Copsychus malabaricus) Di Desa
Pegagan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 64–69.
Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns:
Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146–153.
Lia Wanadriani Santosa. (2022). Manfaat jangkrik sebagai panganan dan tips menyantapnya.
Antara.
Makanan dan Budidaya Cacing dan Jangkrik. (2019). MUI.
Maria Aditia Wahyuningrum. (2021). Review: Kandungan Serat dan Protein Pakan Ternak
Jangkrik (Gryllus sp) Yang Bersumber dari Beberapa Jenis Sayuran dan Hijauan. Jurnal
Ilmiah Respati, 12, 54–58.
MUI. (2000). Makan dan Budidaya Cacing dan Jangkrik. 589–603.
http://halalmui.org/images/stories/Fatwa/cacing dan jangkrik.pdf
Nashih Nashrullah, R. F. (2019). Cacing dan Jangkrik Halalkah Dikonsumsi Umat Islam?
Republika.Co.Id.
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2021). Sosialisasi Peluang Usaha Bank Sampah Dalam
Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Masa Covid 19. PKM Maju UDA, 1(3), 107–112.
Nurjanah, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Taman Mahkota Dalam
Meningkatkan Pendapatan Warga (Studi Kasus Desa Negara Tulang Bawang Kecamatan
Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara).
Paramita, M. (2018). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya
Lokal. Jurnal Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 19.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi
(Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Sapti, M. (2018). Analisa Keuangan dan Manajemen. Kementerian Pekerjaan Umum Dan
Perumahan Rakyat, 53(9), 1689–1699.
Sri Lindawati, Muhammad Hendri, J. H. (2020). Pemasaran Digital.
Sugiar dan Sukarman. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jangkrik Di
Kabupaten Deli Serdang. Wahana Inovasi, 8, 147–154.
Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen
Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan
Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Syafrida Hafni Sahir. (2021). Metodologi Penelitian.
Wibowo, A. A. dan M. F. A. (2020). Analisis Potensi Ekonomi Desa dan Prospek
Pengembangannya. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22, 204.
Published
2023-12-31
How to Cite
LUTFIA, Lubna et al. UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DARI USAHA TURUNAN JANGKRIK MELALUI DIGITALISASI POTENSI EKONOMI DI DESA GINTUNG KIDUL CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 19-31, dec. 2023. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/1736>. Date accessed: 01 jan. 2025.