Pemberdayaan Hasil Perikanan Masyarakat Pesisir Menggunakan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM

  • Ratu Islamia Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Aflahan Nisa Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Maya Ayu Ningsih Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Aulia Khoirunnisa Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Rizki Rodiya Putri Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mohammad Ridwan Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Di sepanjang bentangan garis pantai ini terdapat wilayah pesisir yang potensial untuk sumber daya
biotik dan abiotik, sumber daya buatan manusia dan jasa lingkungan yang sangat penting bagi
kehidupan masyarakat. Potensi tersebut harus dikelola secara terpadu agar dapat dimanfaatkan secara
berkelanjutan. Namun potensi laut tersebut belum dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan
kesejahteraan negara pada umumnya dan masyarakat pesisir pada khususnya. Dengan adanya hasil
perikanan laut masyarakat kelurahan panjunan dapat mengolah olahan hasil ikan menjadi produk
umkm yang dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha di kelurahan panjunan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif, metode deskriptif adalah suatu metode dalam
meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu
kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini
adalah observasi, wawancara dengan total 5 informan dan dokumentasi. Di sisi lain mahasiswa yang
memiliki peran sebagai agen problem solving, melalui program perkuliahan berupa Kuliah Pengabdian
Masyarakat (KPM), tentunya harus ikut turun ke masyarakat dalam membantu memasarkan produk
olahan hasil laut mulai dari legalitas produk dan pemasaran dengan digital marketing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Warto, Warto, and Samsuri Samsuri. 2020. “Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis
Produk Halal Di Indonesia.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 2(1):
98–112.
Wulandari, Ika, and Martinus Budiantara. 2022. “Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)
Melalui Online Single Submission.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat 6(2): 386–94.
Alaric, A., & Pratama, F. A. (2022). Pemberdayaan Kewirausahaan Dan Pengembangan
Umkm Masyarakat Kelurahan Tambak Wedi Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya.
PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 393–398.
https://etdci.org/journal/patikala/article/view/482%0Ahttps://etdci.org/journal/patikala/a
rticle/download/482/249
D., D., Ferdian, A., & Patahiruddin, P. (2022). Pemberdayaan dan Pengembangan UKM
Masyarakat Pesisir Berbasis Platform Digital. To Maega : Jurnal Pengabdian
Masyarakat, 5(3), 544. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i3.1241
Wurlina, Racmawati, K., Utama, S., Mahasri, G., Mulyati, S., & Suwasanti, N. (2022).
Meningkatkan Daya Saing Di Era New Normal Sustainability Of Msmes Processed
Marine Products In Bulak Coastal Surabaya To Abstrak Pendahuluan. Buletin
Pengabdian.
Published
2023-12-31
How to Cite
ISLAMIA, Ratu et al. Pemberdayaan Hasil Perikanan Masyarakat Pesisir Menggunakan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 5, n. 02, p. 32 - 41, dec. 2023. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/1737>. Date accessed: 01 jan. 2025.