Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital

  • Achmad Falah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Hanifah Hanifah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Iim Fatimah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Aan Fatmawati Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mariani Ernawati Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ipah Ipah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Wawat Juniawati Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Pola asuh anak usia dini telah mengalami perubahan signifikan dengan adanya kemajuan teknologi digital. Artikel ini membahas dampak teknologi digital pada pola asuh anak usia dini, tantangan yang dihadapi orang tua, Artikel ini bertujuan untuk mengupas problematika yang terjadi dalam proses mendidik anak di era digital seperti sekarang ini. Seluruh persoalan mendidik anak seharusnya diatasi dengan pola dan pendekatan yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan research synteshis dalam menggali teori yang relevan terkait issue yang dibahas. Analisis secara kualitatif menjadi tombak penelitian untuk memantapkan akurasi data yang dikumpulkan. Di era ini, banyak anak-anak yang memiliki perilaku ketergantungan terhadap perangkat digital yang cukup riskan terhadap sisi negatif. Oleh karena itu, pentingnya mengendalikan digital era yang dipegang oleh anak-anak untuk memfokuskan bidang pendidikan perlu dilakukan supaya motivasi dapat terbentuk dan tujuan pendidikan juga bisa tercapai dengan baik dengan sinergisitas antara stakeholder lembaga pendidikan (sekolah) dengan yang lainnya (tri logi pendidikan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Aromataris, E., & Pearson, A. (2014). The Systematic Review: An Overview. The American Journal of Nursing, 114(3), 53–58. https://doi.org/10.1097/01.NAJ.0000444496.24228.2c
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Baharun, H., & Finori, F. D. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak Pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif, 17(1), 52–69. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.625
Bedenlier, S., Bond, M., Buntins, K., Zawacki-Richter, O., & Kerres, M. (2020). Facilitating Student Engagement Through Educational Technology in Higher Education: A Systematic Review in the Field of Arts and Humanities. Australasian Journal of Educational Technology, 126–150. https://doi.org/10.14742/ajet.5477
El Fiah, R., & Hizri, M. (2020). Mendidik Anak dalam Keluarga Era Modern Perspektif Ibnu Ihsan Baihaqi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(1), 45–50. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/5459
Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru.
Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2001). Practical Meta-Analysis. SAGE Publications.
Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/735
Published
2024-12-31
How to Cite
FALAH, Achmad et al. Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 34-43, dec. 2024. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/2920>. Date accessed: 08 jan. 2025.