Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Asin Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern

  • Achmad Falah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Hanifah Hanifah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Thoifah Fauziyah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Bhayu Indah Lestari Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nur Akhadah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Cahyudi Cahyudi Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Muhamad Sholihin Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Salsabila Kusumaningrum Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah jenis kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai tumpuan dalam memperoleh pendapatan untuk kelangsungan hidupnya. Peranan UMKM dalam perekonomian Indonesia bukan hanya sebagai penyerap tenaga kerja karena persentasenya yang mencapai 90% jika dibandingkan dengan usaha besar, tetapi juga mampu memperkenalkan berbagai produk lokal ke dunia internasional. Pasar Global yang terus berubah menuntut UMKM , termasuk UMKN ikan Asin , yang mengadopsi Strategi pemasaranyang inovatif. Salah satu alat yang paling penting dalam konteks ini adalah media sosial.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengembangan media sosial sebagai alat efektif dalam manajemen Pemasaran UMKM ikan Asin di era Modern.strategi pemasaran yang terarah pada platform media sosial mampu memperkuat merek meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Kendala yang di hadepi memerlukan Solusi kreatif, sementara potensi Positif media sosial sebagai alat pemasaran tidak dapat diabaikan, media sosial digunakan sebagai alat untuk membangun dan menguatkan merek UMKM Ikan Asin.posting Visual berkualitas Tinggi, konten cerita, dan interaksi langsung dengan pelanggan menjadi focus utama dalam strategi branding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media." Business Horizons, 53(1), 59-68.
Smith, A. N., Fischer, E., & Yongjian, C. (2012). "How does brand-related user-generated content differ across YouTube, Facebook, and Twitter?" Journal of Interactive Marketing, 26(2), 102-113.
Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). "Social media: The new hybrid element of the promotion mix." Business Horizons, 52(4), 357-365.
Qualman, E. (2013). Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business. John Wiley & Sons.
Smith, A. N., Fischer, E., & Yongjian, C. (2012). "How does brand-related user-generated content differ across YouTube, Facebook, and Twitter?" Journal of Interactive Marketing, 26(2), 102-113.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: Planning, optimizing, and integrating online marketing. Routledge.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2010). Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit. John Wiley & Sons.
Published
2024-12-31
How to Cite
FALAH, Achmad et al. Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Asin Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 1-7, dec. 2024. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/2927>. Date accessed: 06 jan. 2025.