Pengembangan Media Sosial UMKM Ikan Asin Dalam Manajemen Pemasaran Di Era Modern
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah jenis kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebagai tumpuan dalam memperoleh pendapatan untuk kelangsungan hidupnya. Peranan UMKM dalam perekonomian Indonesia bukan hanya sebagai penyerap tenaga kerja karena persentasenya yang mencapai 90% jika dibandingkan dengan usaha besar, tetapi juga mampu memperkenalkan berbagai produk lokal ke dunia internasional. Pasar Global yang terus berubah menuntut UMKM , termasuk UMKN ikan Asin , yang mengadopsi Strategi pemasaranyang inovatif. Salah satu alat yang paling penting dalam konteks ini adalah media sosial.Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengembangan media sosial sebagai alat efektif dalam manajemen Pemasaran UMKM ikan Asin di era Modern.strategi pemasaran yang terarah pada platform media sosial mampu memperkuat merek meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Kendala yang di hadepi memerlukan Solusi kreatif, sementara potensi Positif media sosial sebagai alat pemasaran tidak dapat diabaikan, media sosial digunakan sebagai alat untuk membangun dan menguatkan merek UMKM Ikan Asin.posting Visual berkualitas Tinggi, konten cerita, dan interaksi langsung dengan pelanggan menjadi focus utama dalam strategi branding.
Downloads
References
Smith, A. N., Fischer, E., & Yongjian, C. (2012). "How does brand-related user-generated content differ across YouTube, Facebook, and Twitter?" Journal of Interactive Marketing, 26(2), 102-113.
Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). "Social media: The new hybrid element of the promotion mix." Business Horizons, 52(4), 357-365.
Qualman, E. (2013). Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business. John Wiley & Sons.
Smith, A. N., Fischer, E., & Yongjian, C. (2012). "How does brand-related user-generated content differ across YouTube, Facebook, and Twitter?" Journal of Interactive Marketing, 26(2), 102-113.
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: Planning, optimizing, and integrating online marketing. Routledge.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2010). Marketing 3.0: From Products to Customers to the Human Spirit. John Wiley & Sons.