Pendampingan UMKM Kerupuk Rajungan Melalui Desain Kemasan dan Pemasaran Digital di Desa Grogol

  • Moh. Soleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nike Nur’aini Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Fathimah Tuzzahro Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Andriyan Putra Pratama Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Caima Caima Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Desa Grogol Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon merupakan desa yang dekat dengan wilayah pesisir dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Salah satu sumber daya alam yang sangat autentik khasnya Desa Grogol yaitu berupa kepiting rajungan. Hal tersebut, dapat dimanfaatkan sebagai peluang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan tambahan dengan cara mengelola rajungan tersebut menjadi produk kerupuk. Diantara UKM yang menjual kerupuk rajungan di Desa Grogol yakni Kerupuk Rajungan Zahira. Berdasarkan hasil survei yang sudah dilakukan, tantangan yang dihadapi oleh produsen Kerupuk Rajungan Zahira adalah mengenai desain kemasan produk dan strategi pemasarannya. Tujuan dari pengabdian ini adalah guna membimbing bagaimana cara untuk mengembangkan desain kemasan produk yang menarik dan menerapkan strategi pemasaran digital sebagai wadah promosi. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan pendekatan berbasis ABCD (Asset-Based Community Development) dan metode kegiatan ini menggunakan metode konsultasi atau pendampingan yakni dengan memberikan saran dan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi UKM kerupuk rajungan Zahira. Hasil pendampingan yang dilakukan terhadap UKM kerupuk rajungan Zahira yaitu dengan memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Beberapa diantaranya adalah dengan memodifikasi desain logo kemasan, memberikan masukan masalah pengemasan dengan menggunakan standing pouch, membuatkan akun Instagram sebagai media untuk pemasaran digital, dan membuatkan desain poster promosi untuk menarik minat pembeli melalui media sosial sebagai strategi pemasaran digital yang diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Sifa’, M., Ummah, S. E. N., & Amalia. (2022). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengemasan dan Pemasaran Produk Lokal (Jambu Mete dan Kawis) Desa Sembungin Kecamatan Bancar. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.526
Akbar, N. S. (2021). Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Produksi Kerupuk Rajungan Di Desa Polagan. The Leader, 2(2).
Alhidayatullah, A. (2024). Customer Engagement Dalam Mobile Marketing Dan Content Marketing. Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen, 2(2), 124. https://doi.org/10.32897/jiim.2024.2.2.3404
Andivas, M., Trisnawati, H. T., Wijanarko, A. F., Ramadhani, A. A., & Sari, H. W. M. (2023). Pelatihan Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Keripik Pisang Menggunakan Perangkat Lunak Canva. Surya Abdimas, 7(3), 450–457. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2962
Fadhilah, H., Robbiulsani, M., Resmiasari, Y., Nadila, D., & Sundari, A. (2024). Pemasaran Produk Umkm Aksesoris Manik-Manik Di Era Digital: Memahami Peran Konsep Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Bisnis Kedepan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1.
Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Cahyo, R., Dewi, L., & Muhtar, S. R. (2020). Branding dan Product Inovation Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Krupuk Bawang Desa Mrahu, Kartoharjo Magetan. 1(1).
Istiqomah, N. H. (2023). Transformasi Pemasaran Tradisional Ke E-Marketing: Tinjauan Literatur Tentang Dampak Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Daya Saing Pemasaran Bisnis. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(2), 72–87. https://doi.org/10.30739/jesdar.v4i2.2430
Iznilillah, W., Kardaya, D., & Haris, H. (2022). Pendampingan Desain Kemasan Produk Keripik Moring di UMKM Banjarwangi-Bogor. Jurnal Ilmiah Pangan Halal, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.30997/jiph.v4i1.9830
Muhammad Syaiful Aldiansyah. (2023). Mengapa Kemasan Standing Pouch adalah Pilihan Tepat untuk Mengemas Makanan Anda? Manuva.Com. https://manuva.com/id/blog/tips-packaging/mengapa-kemasan-standing-pouch-adalah-pilihan-tepat-untuk-mengemas-makanan-anda
Pertiwi, A. B., Rinaldi, M., Farid, R., & Benyamin, M. F. (2023). Peningkatan Promosi UMKM Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong Bandung Barat Melalui Pelatihan Desain Poster “Canva.”
Robby Aditya & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Sundaygara, C., & Dinnullah, R. N. I. (2021). Peningkatan Usaha Ukm Kerupuk Puli Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Pengemasan Produk. Abdimas Galuh, 3(2), 255. https://doi.org/10.25157/ag.v3i2.5491
Susilawati, E. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesejahteraan Nelayan Jaring Rampus (Bottom Gill Net) di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bondet Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Barakuda 45: Jurnal Ilmu Perikanan dan Kelautan, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.47685/barakuda45.v3i2.183
Syahrulloh, M., & Maesaroh, S. (2022). Kajian Etnozoologi Rajungan (Portunus pelagicus) Sebagai Pangan Pada Masyarakat Gunung Jati Kabupaten Cirebon.
Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735
Published
2024-12-31
How to Cite
SOLEH, Moh. et al. Pendampingan UMKM Kerupuk Rajungan Melalui Desain Kemasan dan Pemasaran Digital di Desa Grogol. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 8-19, dec. 2024. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/2934>. Date accessed: 06 jan. 2025.