Seminar dan Sosialisasi Pencegahan Bullying Teman Sebaya Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

  • Hara Permana Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Syarif Hidayatullah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Siti Fauziah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nova Junaeni Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Bullying merupakan permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis siswa. Seminar dan Sosialisasi Anti Bullying ini merupakan langkah antisipatif dalam menekan berbagai kejadian bullying yang terjadi di lingkungan pendidikan khususnya di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa, guru dan orang tua mengenai bahaya bullying dan langkah pencegahannya. Metode yang digunakan adalah Asset Based Community Development (ABCD) yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan masyarakat sekitar dalam proses pengembangan. Hasil pengabdian masyarakat ini bahwa Seminar dan Sosialisasi Anti Bullying berhasil memberdayakan masyarakat sekolah, termasuk guru, siswa, dan orang tua, dalam memahami dan mencegah bullying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Iqri Nur, Salwa Wahyu Cahya Putri, and Alaudin Nabil An Nabhan. 2024. “Kesehatan Mental Dan Sosial Remaja Akibat Perundungan Di MA Ma’arif Nu Sains Al-Qur’an Sumbang Dan MA Askhabul Kahfi.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 2, no. 1: 194–99.
Ali, Machrus, Wardatul Mufidah, and Asnun Parwanti. 2022. “METODE ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT: Teori Dan Aplikasinya.” Insight Mediatama.
Fischer, Saskia M, Nancy John, and Ludwig Bilz. 2021. “Teachers’ SelfEfficacy in Preventing and Intervening in School Bullying: A Systematic Review.” International Journal of Bullying Prevention 3: 196– 212.
ILYAS, N U R ULFA MEILANI. 2022. “Penanganan Perilaku Bullying (Studi Kasus Di SMP Negeri 13 Makassar).”
Martha, Aroma Elmina. 2024. “Perundungan Siber (Cyberbullying) Melalui Media Sosial Instagram Dalam Teori the Space Transition of Cybercrimes.” Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM 31, no. 1: 199–218.
Nabila, Bella, Anah Chomsinatun Natikoh Salim, Dhea Hadiyanti, Ika Nurohmah, Dewa Augusta Putra Subiantoro, Afrida Juwita, and Iis Halimah. 2024. “PERAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGGULANGI KASUS BULLYING DI SEKOLAH.” Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling 4, no. 3: 51–60.
Ni’mah, Zetty. 2024. “Habituasi Toleransi Sebagai Upaya Menguatkan Pendidikan Anti Bullying Di Sekolah.” Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research 2, no. 1: 22–39.
Putri, Amisha Auralia, Alina Nisviani, Wanda Hafisya, and Suryadi Suryadi. 2024. “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Menjadi Korban Bullying.” KONSENSUS: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi 1, no. 3: 96–106.
Sari, Ni Made Dainivitri Sinta, Kadek Suastini, Putu Dela Yuni Anggawati, Delisa Prita Dinanti, Ni Luh Widya Ayodya Putri, and Ni Putu Kesya Ardianti. 2024. Mencegah Bully Di Sekolah Dasar. Nilacakra.
Sholeh, Muh Ibnu. 2023. “Implementasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Program Anti-Bullying Di Lembaga Pendidikan Islam.” Al Manar 1, no. 2: 62–85.
Sobkin, Vladimir S, and Aleksandra V Fedotova. 2021. “Adolescents on Social Media: Aggression and Cyberbullying.” Psychology in Russia 14, no. 4: 186.
Sukarno, Anurul Amaliza Rachel Putri, Rifqi Ulil Azmi, Friska DyahAyuk Pratiwi, Muhamad Jafar Hanan, and Hanik Hidayati. 2024. “Penyuluhan Anti Bullying Dalam Meningkatkan Iklim Belajar Dan Kesejahteraan Peserta Didik.” In SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1:11–16.
Published
2024-12-31
How to Cite
PERMANA, Hara et al. Seminar dan Sosialisasi Pencegahan Bullying Teman Sebaya Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 6, n. 02, p. 20-29, dec. 2024. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/2936>. Date accessed: 06 jan. 2025.