Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Dunia Digital di Era Covid-19

  • Taufiqurrahman Taufiqurrahman IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Abdul Azis IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Ades Sugita IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Community empowerment in the midst of the Covid-19 pandemic, one of which is by introducing the use of digital marketing for MSME players. Digital marketing is a promotional activity and market search through online digital media by utilizing various means such as social networks and online product or service sales platforms. This research is a qualitative research with the aim of identifying the impact of digital marketing and the obstacles that occur in marketing products through digital marketing. The method of data collection is done by observation and interview techniques. The method of determining informants is carried out by snowball sampling to umkm entrepreneurs based on local food, handicraft, bumdes and maggot cultivation. The results show that MSME players are interested in using digital marketing and utilizing social media, but there are still some obstacles they experience such as low technology skills, they think that promoting products to digital marketing through social media and market places is something that is important. troublesome / complicated, the availability of internet access is limited, there are still many consumers who are worried about the security of transacting online..


Abstrak


Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi covid-19 salah satunya dengan  memperkenalkan pemanfaatan digital marketing bagi pelaku UMKM. Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial dan platform penjualan produk atau jasa online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mengidentifikasi dampak digital marketing dan kendala yang terjadi dalam memasarkan produk melalui digital marketing. Metode pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun metode penentuan informan dilakukan secara snowball sampling kepada pengusaha umkm berbasis pangan lokal , handycraft, bumdes dan budidaya maggot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  para pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media social, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang mereka alami seperti kemampuan teknologi masih rendah, mereka menganggap bahwa untuk mempromosikan produk ke digital marketing melalui sosial media dan market place adalah hal yang menyusahkan/ribet, ketersediaan akses internet yang terbatas, masih banyak konsumen yang mengkhawatirkan keamanan bertransaksi secara online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awali H. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Balanc J Ekon dan Bisnis Islam. 2020;2(1):1-14. doi:10.35905/balanca.v2i1.1342
Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.
Donio, J., Massari, P., & Passiante, G. (2006). Customer Satisfaction And Loyalty In A Digital Environment: En Empirical Test. Journal Of Consumer Marketing, Vol. 23, No. 7, 445-457.
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar: Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Pasuruan: Qiara Media. Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press..
Mahalaxmi, K. R., dan Ranjith, P. (2016). A Study on Impact of Digital Marketing in Customer Purchase Decision in Trichy. International Journal fot Innovative Research in Science and Technoligy, 2(10), 332-338.
Mulyawan rahman. Masyarakat, Wilayah Dan Pembangunan. bandung; 2012.
Pradiani T. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. J Ilm Bisnis dan Ekon Asia. 2018;11(2):46-53. doi:10.32812/jibeka.v11i2.45
Purwana, Dedi, Rahmi, Aditya, Shandy. Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. J Pemberdaya Masy Madani. 2017;1.
Putri L, Saifuddin M. Implementasi Strategi Promosi Produk dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid ’ 19 Jurnal MANOVA Volume 2 Nomor 2 , ISSN : 2685-4716 IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PRODUK DALAM PROSES. J MANOVA. 2020;2(2):23-31.
Saifuddin, M. (2020). Strategi Peningkatan Ekonomi Lembaga Sosial Dengan Memanfaatkan Aplikasi Pemasaran Berbasis Android (Studi kasus pada unit bisnis kidpreneuer di Yayasan AL MADINA Surabaya)..
Wardani, Aris, T. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV . Budi Utama. Asriel, A. S., Armiati, Leo, F. (2016). Manajemen Kantor. Jakarta: Kencana.
wardhana A. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Pros Semin Nas Forum Keuang dan Bisnis IV Tahun 2015.:327-337.
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, 3(2), 81-92.
Published
2021-04-30
How to Cite
TAUFIQURRAHMAN, Taufiqurrahman; AZIS, Abdul; SUGITA, Ades. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Dunia Digital di Era Covid-19. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 20-29, apr. 2021. ISSN 2746-7015. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/etos/article/view/351>. Date accessed: 01 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/etos.v3i1.351.