Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil
Studi Kasus Pada Usaha Sale Pisang “AA†Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon
Abstract
This study aims to determine strategies in increasing student learning motivation to maintain the The era of digitalization brings a wind of change, many polemics and pros and cons to the development of all sectors related to digital is no exception to the business sector and the economy. In running a business, marketing is the spearhead in penetrating the market, applies whether it is a large company or a company with micro, small or medium scale. Micro enterprises still face classic problems that have often occurred regarding capital limitations and still very simple marketing patterns that apply. The research method used in this research is a descriptive qualitative research method that is a research that produces descriptive data (depictions) in the form of written and oral facts of observed behavior, in a situation that takes place fairly and scientifically and not in controlled conditions.The banana industry and trade of sale "AA" conducts marketing efforts using social media. This is done to introduce more widely banana sale products "AA" and increase awareness of its efforts to the audience, a form of digital marketing that has been used by throwing messages in the form of images, audio-visuals, and text messages precisely through social media networks facebook and instagram. Banana sale company “AA†has made efforts to increase its marketing efforts by utilizing social media networks facebook and instagram. This is done so that the company is able to compete in competition in the digital age and a form of awareness of its business that survives as a partnership in investing.
Abstrak
Era digitalisasi membawa angin perubahan, banyak polemik serta pro dan kontra terhadap perkembangan semua sektor yang berkaitan dengan digital tidak terkecuali sektor bisnis dan ekonomi. Dalam menjalankan bisnis, marketing merupakan ujung tombak dalam melalukan penetrasi pasar, hal ini berlaku baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan dengan skala mikro, kecil ataupun menengah. Usaha mikro masih menghadapi permasalahan klasik yang selama ini kerap terjadi perihal keterbatasan modal dan masih sangat sederhananya pola pemasaran yang terapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data yang bersifat deskriptif (penggambaran) berupa fakta-fakta yang tertulis maupun lisan dari perilaku yang dicermati, dalam keadaaan yang berlangsung secara wajar dan ilmiah dan bukan dalam kondisi yang terkendali. Industri dan perdagangan sale pisang “AA†melakukan upaya pemasaran dengan menggunakan media sosial. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan lebih luas produk sale pisang “AA†dan meningkatkan awareness usahanya kepada khalayak, bentuk pemasaran digital yang telah digunakan dengan cara melempar pesan dalam bentuk gambar, audio-visual, maupun pesan text dengan tepat melalui jaringan media sosial facebook dan instagram. Perusahaan sale pisang “AA†telah melakukan upaya peningkatan pemasaran usahanya dengan menfaatkan jaringan media sosial facebook dan instagram. Hal ini dilakukan agar perusahaan tersebut mampu bersaing dalam persaingan di era digital dan bentuk awareness terhadap usahanya yang survive yang layak sebagai patnership dalam berinvestasi.
Downloads
References
Edy Suandi Hamid. (n.d.). Memperkuat Basis Demokrasi Ekonomi Melalui Pengembangan Ekonomi Rakyat.
Hempri Suyatna. (2010). Reorientasi Kebijakan UMKM di Era Asia China Free Trade Area (ACFTA), Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 13, No 3 Tahun 2010. Lihat juga Etty Puji Lestari, “Penguatan Ekonomi Industri Kecil dan Menengah Melalui Platform Kluster Industri. Jurnal Orga. Jurnal Organisasi Dan Manajemen.
https://websindo.com/indonesa-digtal-2019-media-sosial/. (2019).
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=116579600309251&id=108278054472739&scmts=cwspsdd. (2020).
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=116579733642571&id=108278054472739&scmts=cwspsdd. (2020).
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=116579780309233&id=108278054472739&scmts=cwspsdd. (n.d.).
https://www.instagram.com/p/CJWHR40AcTk/?igshid=m15fwb7pgcsu. (2020).
Jagdish N., S. (2005). International E-Marketing ; Opportunities dan Issues.
Keith Hart. (1973). Informal Income Opportunities and Urban Employment in Ghana dalam The Journal of Modern African Studies.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mubyarto. (2002). Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Gerakan Koperasi: Peran Perguruan Tinggi.
Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931
Rohmah, N. N. (2019). Efektifitas Digititalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/jail.v3i1.1363
Sanapiah, F. (2005). Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Setyobudi, A. (2007). Peran Serta Bank Indonesia dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Buletin Hukum Perbankan Dan Kebanksentralan 5, 2007, 29-35.
SIPUK dapat diakses melalui website Bank Indonesia/. (n.d.). Dalam rangka mendukung pengembangan jaringan melalui teknologi informasi, pemerintah telah melakukan Pengembangan Sistem Informasi Terpadu Pengembangan Usaha Kecil (SIPUK) sebagai sarana untuk lebih menyebarluaskan secara cepat hasil-hasil penelitian dan .
Stoke, R. (2008). eMarketing; The Essential Guide to Marketing in A Digital World. Quirk eMarketing.
Strauss, J. a. F. R. (2009). E-Marketing (5th ed.). Pearson International.
Sukarnoto, T. (2020). Jurnal Perbankan Syariah Jurnal EcoBankers Trickle Down Economic , Atribut Produk Bank Syariah Dan Going Concern Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah. Ecobankers, 1, 1–13.
Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Kontekstual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
www.depkop.go.id/data-umkm. (n.d.).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.