Efektivitas Bermain Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Asih Wikaningtyas Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Kholik Afandi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Kemampuan berpikir simbolik anak sangat perlu ditingkatkan karena kemampuan berpikir ini menjadikan anak mudah dalam mengenal lambang-lambang huruf dengan baik, bukan hanya mampu menyebutkan bentuk huruf yang dilihat anak, namun anak juga mampu merepresentasikannya dengan baik. Banyaknya anak usia 5 hingga 6 tahun yang belum mampu mengenal lambang huruf dengan baik, dikarenakan oleh kurangnya pemberian stimulasi yang tepat dalam proses pembelajaran anak usia 5 hingga 6 tahun. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti efektivitas bermain kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5 hingga 6 tahun di TK Al Wahida Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bermain kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5 hingga 6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah anak usia 5 hingga 6 tahun yang ada di TK Al Wahida sebanyak 25 siswa. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu huruf sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5 hingga 6 tahun di TK Al Wahida Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhi Kusumastuti, dkk. (2020).Metode Penelitian kuantitatif. Cetakan Pertama. Sleman: Deepublish Publisher.
‘Aisyah, H. N. (2021). Identifikasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 42–49. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.38741
Adimayanti, E., & Siyamti, D. (2020). Terapi Bermain English Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Prasekolah. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.31596/jpk.v3i2.84
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky?: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Amiran, S. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367
Amirudin, A., & Sumiati, S. (2022). Peran Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(2), 111–126.
Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.
Fatmawati, F. (2021). Efektivitas Model Permainan Kartu Indeks (Index Card Match) Terhadap Hasil Pembelajaran Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Harits. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3616
Firdaus, P. H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Fitria, E., & Rayhani, W. (2023). Penggunaan Metode keteladanan Dalam Nilai Moral Dan Agama Anak Usia 5–6 Tahun TK Ar Rayhan. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 31-41., 11(2), 22–28.
Hardiyana, A. (2020). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini melalui bermain. Jurnal Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1), 24–41.
Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Keefektifan Media Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Aksara Legena Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 112. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17388
Israwati, I., Lukman, L., & Hamid, A. N. (2022). Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Sultra Educational Journal, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i1.214
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Katarina Itu, S., Tantiana Ngura, E., & Putu Arya Oka, G. (2021). Pengembangan Media Kartu Lambang Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK B Negeri Harpan Bangsa Koelda. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), 446–460. http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/index
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nuransa, T. F., Pudyaningtyas, A. R., & Nurjanah, N. E. (2020). Efektivitas Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendikia, 9(1), 11–19.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah?: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4
Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2020). Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board pada Anak Usia 5-6 Tahun. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).
Pionika, R. C., Sasmiati, S., & Sofia, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini. 66(2), 26–34.
Pitaloka, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolis Pada Anak Kelompok B Tk Aba Margomulyo Iii the Development of Flashcard Learning Media To Stimulate Symbolic Thinking Ability in the B Group Children of Margomulyo Ab. Pendidikan Guru Paud, 10(1), 1–13.
Ranala, N., Sasmiati, S., & Sofia, A. (2019). Bermain Kartu Huruf Dan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–9. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/17637
Rantina, M., Hasmalena, H., & Nengsih, Y. K. (2020). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578–1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Suzana, & Rohaeti. (2020). Efektivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Al-Irsyad Al Islamiyah Ciledug Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 1(1), 1–10.
Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 321–322.
Widadiyah, Q., & Andrayani, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Balon Udara Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Hadlonah?: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(1), 01. https://doi.org/10.47453/hadlonah.v3i1.614
Zein, R., Dahlia, R., Diana Tonara, A., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Adzkia Padang, S. (2019). Pengaruh Kartu Huruf Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bhakti Bunda Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1652–1657. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/542
Published
2024-03-27
How to Cite
WIKANINGTYAS, Asih; KHOLIK AFANDI, Nur. Efektivitas Bermain Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 66 - 76, mar. 2024. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/1047>. Date accessed: 02 jan. 2025.