Kontribusi Budaya Sekolah, Pola Pendidikan Keluarga serta Pergaulan Teman Sebaya terhadap Multiple Intelegences Siswa
Abstract
Learning success is often linked to learning achievement. Many factors influence student learning achievement, including school culture, family education patterns and peer interactions. This research aims to see how much influence school culture, family education patterns and peer interactions have on student learning achievement. In this research, researchers used a quantitative, correlational approach. The data analysis technique uses a statistical formula, namely multiple correlation. The sampling technique in this research used a simple random sampling technique. The data collection techniques use questionnaires and documentation. The research results show that school culture, family education patterns and peer interactions make a positive and significant contribution to student learning outcomes. Based on the study, the suggestions given are (1) parents are expected to apply democratic education patterns in educating their children (2) students are expected to accept the school culture that is implemented to obtain good learning achievement (3) it is recommended that students have peer relationships that support achievement Study.
Keyword:
Culture school, Education patterns, Family and intercourse peers, Multiple Intelligences.
ABSTRAK
Keberhasilan pembelajaran sering dihubungkan dengan prestasi belajar. banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain budaya sekolah, pola pendidikan keluarga serta pergaulan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh budaya sekolah, pola pendidikan keluarga serta pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Dalam peneitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu korelasi berganda (multiple correlation). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Adapun teknik mengumpulkan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan budaya sekolah, pola pendidikan keluarga dan pergaulan teman sebaya berkontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan (1) orang tua diharapkan menerapkan pola pendidikan demokratis dalam mendidik anak-anaknya (2) siswa diharapkan menerima budaya sekolah yang diterapkan untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik (3) dianjurkan siswa mempunyai pergaulan teman sebaya yang menunjang prestasi belajar.
Kata Kunci :
Budaya sekolah, Pola pendidikan, Keluarga dan pergaulan, Kecerdasan ganda.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono., 2017. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Agustiani, Hendrianti. 2017, Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuain Diri pada Remaja. PT. Refika Aditama, Bandung.
Agustin, M. 2018. Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa. Disertasi Doktor (tidak diterbitkan) Bandung : UPI.
Alvin N. 2017. Handling Study Stress. Jakarta : PT elex Media Komputindo.
A.M., Sadirman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar: Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Anandita, Arnes. 2 012. Pengaruh Cara Belajar Siswa dan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal FIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang. UPT UNNES Press.
Arip A. Mustofa. 2009. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pergaulan Peer Group dengan Prestasi Belajar Sosiaologi Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Gemolong tahun ajaran 2008/2009. Jurnal FIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Arumingtyas, Putri. 2007. Studi tentang Cara Belajar Siswa dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Diklat 2005/2006. Jurnal FIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Azwar, S. 2019. Validitas dan reliabilitas. Yogyakarta : Pustaka pelajar.
Basri, H. 2016. Remaja Berkualitas, Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Chaplin, J.P. 2017. Kamus Psikologi. (terjemahan : Kartono). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Chatib, Munif, 2016, Orang Tuanya Manusia, (Bandung: Kaifa).
Dagun, S. M. 2019. Psikologi Keluarga: Peranan Ayah dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta. Darmawan, Deni., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Desmita, 2019. Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA). PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Gardner, Howard, 2018, Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk Teori Dalam Praktik, Penerjemah: Alexander Sindoru, (Batam: Interaksara).
Gerungan, W. A 2016. Psikologi Sosial. (ed 3) Bandung: Refika Aditama.
Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. 2018. Psikologi Belajar & Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Gunarsa, Singgih D., 2019. Psikologi Remaja. BPK Gunung Mulia, Jakarta.
Hadi, S. 2019. Manual Seri Program Statistik (SPS-20.00). Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
Hallinger, Philip & Kenneth Leithwood. 1996. Culture and Educational Administration. A Case of Finding Out What You don’t Know You don’t Know. Journal of Educational Administration, Vol. 34 No. 5, 1996, pp. 98-116. © MCB University Press, 0957-8234.
Hidayati, Awik. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar (Penelitian pada siswa SMA Veteran 1 Sukoharjo). Jurnal Pendidikan Jilid 13, No.3.
Junaedi, 2012. Judul Tesis “Pengaruh Konsep Diri dan Disiplin Diri terhadapa Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kadipaten Kabupaten Maja.” IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.
Koentjaraningrat. 2018. Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
Latifah, 2010. Judul Tesis “Hubungan Gaya Belajar dan Gaya Berpikir Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Cirebon.” IAIN Syekh Nurjati, Cirebon.
Maghfiraini, Rizka. 2011. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Peer Group dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jogorogo Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal FIP.
Mappiare, Andi. 2018. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Pradhipti O, Lindha. 2010. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Purwantoro 2009/2010. Jurnal FIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Marsh Colin, 2008, Becoming a Teacher: Knowledge, Skills, and Issues, 4th Edition, Pearson Education Australia.
Mulyaningtyas, Renita dan Hadiyanto, Purnomo Yusup., 2007. Bimbingan dan Konseling untuk SMA dan MA Kelas XI. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Murjono, 1996. Intelegensi dalam Hubungannya dengan Prestasi Belajar. Anima Indonesian Psychological Journal. Vol II. No. 42 hal : 174-183.
Nasution, S., 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Nur, Mohamad. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Unesa Press.
Rebore, Ronald W & Angela L.E. Walmsley. 2007. An Evidence-Based Approach to the Practice of Educational Leadership. USA: Person Education.
Renchler, Ron. 1992. Student Motivation, School Culture, and Academic Achievement: What School Leaders Can do. Eugene, OR: ERIC Clearinghou.
Rifa?i, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Rohmawati, Esti dwi dan Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol X, No.2.
Santosa, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta:PT Indeks.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudrajat, Ajat. 2011. “Mengapa Pendidikan Karakter?”. Jurnal Pendidikan Karakter. Volume I Nomor 1.
Sugiharto. 2007. Pengaruh Sifat Pola Asuh Orang Tua dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.