Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Sikap Kerjasama Pada Anak

  • Rina Nurdiana Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut
  • Siti Pirda Alawiah Sekolah Tinggi Agama Islam Siliwangi Garut

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya wawasan dan kreatifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran, sehingga berdampak pula pada perkembangan kemampuan kerjasama anak usia dini. Penulisan ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model problem based learning sehingga guru memiliki pandangan model pembelajaran yang tepat untuk merangsang sikap kerjasama pada anak di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (one group pretest posttest) dengan jumlah populasi 34 dan sampel sebanyak 20 siswa. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan perlakuan tes. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap kerjasama anak kelompok B di RA Al Furqon BL Limbangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alannasir, W., & Selvi, N. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa SDI Tangkala 1 (Vol. 4, Issue 2).
Anita Rachman, S., & Mujtahidin, S. (2023). Analisis Permainan Bakiak Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak …-296 JIGE 4 (1) (2023) 296-300 ANALISIS PERMAINAN BAKIAK TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN.
Aulia Suska Riau. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN TRIANGLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA INDAHNYA JERAGAMAN DI NEGERIKU. Jurnal Obsesi , 21–22.
Dedy Indrawan Negeri, K. S. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Tabung. In Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series (Vol. 3, Issue 3). https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fuada, B. I., Linuwih Jurusan Fisika, S., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2014). Unnes Physics Education Journal PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII. UPEJ, 3(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Hadaina, N., & Astawan, G. (2021). Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 2021–2029.
Iek, D., Simatupang, E., & Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, P. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. In Jurnal Citizen Education (Vol. 5, Issue 1).
Lestari, Rima. (2020). PENERAPAN STRATEGI SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Jurnal Pendidikan.
Maryati, I. (2018). Mosharafa. 7(1), 63. http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa
Meliani, Fitri et al. 2021. “Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 653–63.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “The Islamic Perspective of Education of Children With Special Needs (Case Study at Sada Ibu Inclusion Elementary School).” Eduprof?: Islamic Education Journal 4(2): 261–77. https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/37 (November 9, 2022).
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA THE APPLICATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS CRITICAL THINKING SKILLS AND LEARNING OUTCOMES.
Nuha, A. (2016). Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.
Nyoman, I., & Brathatapa, G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara. Journal of Education Action Research, 5(2), 171–178. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Puji Hardono, F., Istiyati, S., & Ragil Widianto Atmojo, I. (2017). Mahasiswa Prodi FKIP UNS Didaktika Dwija Indria 2,3) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR.
Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020). id 2 Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. 8(2), 238–252.
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Yanti Lubis, Mira, Yanti Lubis Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya Sibuhuan, M., & Utara, S. (2019). MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN. In Anak Usia Dini (Vol. 2, Issue 1).
Published
2023-11-06
How to Cite
NURDIANA, Rina; PIRDA ALAWIAH, Siti. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Sikap Kerjasama Pada Anak. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 82 - 92, nov. 2023. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/1349>. Date accessed: 02 jan. 2025.