Implementasi Metode 3T+1M dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Anak Usia Dini
Abstract
Abstrak
Artikel ini menjelaskan tentang Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an bagi anak usia dini. Menurut Benjamin Bloom perkembangan kecerdasan anak terjadi sebanyak 50% di antara masa konsepsi dan usia 4 tahun, 30% terjadi antara usia 4 tahun dan 8 tahun, dan 20% berkembang diantara usia 8 tahun dan 17 tahun. Dengan ini penulis meninjau urgensi pendidikan anak usia dini, sehingga memilih objek penelitian di salah satu lembaga pendidikan berbasis Al-Qur’an untuk mengetahui implementasi metode hafalan 3T+1M (tafahhum, talaqqi, tikr?r dan mur?ja’ah) di lembaga pendidikan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi metode 3T+1M ini dilaksanakan di TK Al-Iman Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dekomentasi. Sedangkan teknik analisisnya yaitu model interaktif. Adapun sumber data yang diambil yaitu data primer dan sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode 3T+1M di TK Al-Iman yaitu: 1) Pesereta didik mengenal makna Al-Qur’an yang sedang dihafal (metode tafahhum), 2) Guru tahfiz memberikan contoh pelafalan ayat Al-Qur’an kepada peserta didik (metode talaqqi), 3) Peserta didik meniru bacaan yang telah ditalaqqi secara berulang-ulang sampai hafal (metode tikr?r), 4) Peserta didik mengulang hafalan untuk menjaga agar hafalan tersebut tidak mudah lupa (metode mur?ja’ah).
Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode 3T+1M, Anak Usia Dini.
Downloads
References
Amirudin, A., & Sumiati, S. (2022). Peran Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Hadlonah?: Jurnal Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 3(2), Article 2. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/774
Fairuz, A., Shafiee, M., & Hishamudin, J. (2015). Pembentukan Akhlak Mahmudah sebagai Mekanisme Pembangunan Insan: Analisis terhadap Tafsir Fi Zilal Al-Quran. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporer, 10(2).
Hamka. (2020). Tafsir Al-Azhar Jilid 9. IV. Depok.
Imana, Yudi. (2009). Sudah Baik Dan Benarkah Bacaan Al-Qur’anku? Cet. ke-1. Bandung: Khazanah Intelektual.
Iqbal, Abu Muhammad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. 1st ed. Yogyaka: Pustaka Pelajar.
Ism?’?l, Abu ‘Abdullah Mu?ammad ibn. (2004). ?a??? Al-Bukh?r?. Juz 3. Kairo: D?r Al-?ad??.
Izatun, Khoiriska. (2021). “Studi Analisis Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Pada Santri Kuliah Di Pondok Pesantren Tahfiz Qur’an Putri Al-Ghurobaa Tumpangkarasak Jati Kudus 2020/2021.” Istitut Agama Islam Negeri Kudus.
Karimah, U. (2018). PONDOK PESANTREN DAN PENDIDIKAN: RELEVANSINYA DALAM TUJUAN PENDIDIKAN. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 137. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
Meliani, F., Hambali, A., Zaqiah, Q. Y., & Sulhan, M. (2023). Identification of Supporting and Inhibiting Factors on Islamic Character Education in Inclusive Schools. 190–200. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-142-5_19
Meliani, F., Hidayati, N., & Sulaeman, E. (2023). Sharenting: Sharing Moments or Violating Children’s Privacy? Scientia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51773/sssh.v2i2.228
Meliani, F., Widadiyah, Q., Marliani, L., & Gita, M. (2024). SOCIAL CARE CHARACTER BUILDING IN EARLY CHILDHOOD IN CIREBON CITY. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY, 2(1), Article 1. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/icesh/article/view/7959
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, Ahsin Sakho. (2017). Menghafal Al-Qur’an. Edited by Hawasyi Mahfudz. 1st ed. Jakarta: Qaf.
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 654–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329
Niara, S., Ulfiah, U., & Widadiyah, Q. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Permainan Balok Huruf. Hadlonah?: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 4(2), Article 2. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/1332
Sholeha, Amalia, and Muhammad Dahlan Rabbanie. (2021). “Hafalan Al-Qur’an Dan Hubungannya Dengan Nilai Akademis Siswa.” Tarbawi?: Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2: h. 3-4. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1645.
Sulaeman, E. (2017). Pengembangan Mutu Pembelajaran Alquran di Program Studi PIAUD melalui Penerapan Metode Fattaqun (Uji coba di Kampus Uin Sunan Gunung Djati Bandung dan IAI Bunga Bangsa Cirebon). 12.
Widiasworo, Erwin. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern. Edited by Atma Sasmita. Cet. ke-1. Yogyakarta: Araska.
Willy, A., & Utami, E. P. (2021). Penerapan Metode Tilawati pada Pembelajaran Membaca Al-Quran. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(43), Article 43. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/850