UPAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KECERDASAN ANAK MELALUI PELEPAH PISANG PADA KELOMPOK A DI PAUD DAHLIA CISANTANA KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN

  • Yayah Rohayati Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Yogi Iskandar Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Abstract

The purpose of this study: "To find out about the development of children's creativity through banana stem media in increasing naturalist intelligence in group A PAUD Dahlia, Cisantana Village, Cigugur District. The authors of this study use qualitative research methods which are qualitative, analyze the data based on the data obtained, classify the data based on variables and types of respondents by making 1 teacher as the subject / source of data. Then used the data collection tools that the author uses are observation, and interviews. Based on the results of the analysis and data that have been described, the authors conclude that the use of natural media from banana stalks can develop the creativity of group A children in PAUD Dahlia, Cisantana Village for the 2018/2019 academic year because the teacher plans activities to be made, the teacher provides tools and materials, the teacher explains and introduces the names of the tools used for the creativity of banana stalks and how to use them, the teacher also guides the children to make games from banana stalks by giving examples to children, the teacher explains how to make banana stalks to form a the correct game is in accordance with what will be expected, the teacher also provides training to the child, it should be done repeatedly so that the children's creativity is trained because the skills of this natural media will foster imagination and ideas in children so that children's creativity develops optimally.


ABSTRAK


Tujuan penelitian ini: “Untuk mengetahui tentang pengembangan kreativitas anak melalui media pelepah pisang dalam meningkatkan kecerdasan naturalis di kelompok A PAUD Dahlia Desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Penelitian ini penulis menggunakkan metode penelitian kualitatif indukatif, menganalisis data berdasarkan data yang di peroleh, mengelompokkan data berdasarkan variable dan jenis responden dengan menjadikan 1 orang guru sebagai subjek/sumber data. Kemudian di gunakan alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan data yang yang telah di uraikan penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media alam dari pelepah pisang dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok A di PAUD Dahlia Desa Cisantana tahun ajaran 2018/2019 di karenakan, guru merencanakan kegiatan yang akan di buat, guru menyediakan alat dan bahan, guru menjelaskan dan mengenalkan nama alat-alat yang di gunakan untuk kreativitas pelepah pisang dan bagaimana cara penggunaannya, guru juga membimbing anak untuk membuat permainan dari pelepah pisang dengan cara memberikan contoh kepada anak, guru menjelaskan bagaimana cara pembuatan pelepah pisang tersebut sehingga membentuk suatu permainan yang benar sesuai dengan apa yang akan di harapkan, guru juga memberikan latihan kepada anak hendaknya dilakukan berulang-ulang agar kreativitas anak terlatih karena keterampilan dari media alam ini akan menumbuhkan imajinasi dan ide-ide pada anak sehingga kreativitas anak berkembang secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Istiqomah, 2016. Penggunaan Media Pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan Anak Usia Dini kelompok B di TK Azahra Kecamatan Melintang Kabupaten Lampung Timur. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.
Masganti,dkk 2016. Pengembangan kreativitas Anak Usia Dini, Medan: Perdana Mulya Sarana.
Montalalu, dkk 2009. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyani, Novi. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfiroh, Tadkiroatun 2014.Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Tanggerang: Universitas Terbuka
Saepudin, Aep. "KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN ISLAM" Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia [Online], Volume 3 Number 1 (31 January 2018)
Siyoto, Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publising.
Sugiono 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung:Alfabeta
Yuliyanti, Evi. 2018. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Teknik Membentuk Berbasis Tematik di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Published
2020-09-06
How to Cite
ROHAYATI, Yayah; ISKANDAR, Yogi. UPAYA DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS DAN KECERDASAN ANAK MELALUI PELEPAH PISANG PADA KELOMPOK A DI PAUD DAHLIA CISANTANA KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 23 - 29, sep. 2020. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/177>. Date accessed: 05 jan. 2025.