Permainan Kotak Ajaib Pengaruh Media Permainan Kotak Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun

  • Karin Pramuwitya Gutni Prodi PIAUD UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan kotak ajaib terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Kemala Bayangkari 26. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di TK Kemala Bayangkari 26 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini total sampling yakni seluruh siswa kelompok kelas B sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t 2 sampel independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media permainan kotak ajaib terhadap perkembangan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bayangkari 26 Kota Bengkulu, hal ini terlihat dari hasil analisis uji tes 2 sampel independent diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan thitung (4,633) > ttabel (0,05;28) adalah 2,048, maka hipotesis Ho ditolak dan kerja Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, Amirudin, and Sumiati Sumiati. 2022. “Peran Pendidikan Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Hadlonah?: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak 3(2): 111–26. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/774 (March 13, 2024).
Anshori, Sodiq. 2018. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya 2(1): 88–100.
Arsyad, Azhar. 2013. “Manfaat Media Pembelajaran. Media Pembelajaran.” Raja Grafindo Persada 1: 25.
Aulina, Choirun Nisak. 2012. “Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” Pedagogia?: Jurnal Pendidikan 1(2): 131–44. doi:10.21070/pedagogia.v1i2.36.
Aziz, Abdul. 2012. Pedoman Tata Bahasa Indonesia. Bandung: PT Bumi Aksara.
Dardjojo, Soenjono. 2003. Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emzir. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Harnanto, Sugeng. 2016. “Alat Peraga Kotak Belajar Ajaib (Kobela) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 3(1): 33. doi:10.30659/pendas.3.1.33-42.
Haryadi, Rudi, and Hanifa Nuraini All Kansaa. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” AtTàlim?: Jurnal Pendidikan 7(1): 2548–4419.
Kemendikbud, RI. 2014. Permendikbud RI No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2014. Permendikbud No. 137 Tahun 2014, Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.
Komalasari, Dedeh, and Yuyun Yunengsih. 2021. “Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Melalui Penerapan Pada Area Sensorial Anak Di Kelompok Bermain Rumah Bintang Jalaksana.” Hadlonah?: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak 2(1): 33–42. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/321 (March 13, 2024).
Mediani, Maya Kania. 2008. “Mengajarkan Membaca Pada Anak Usia Prasekolah.” htttp://mail.yahooo.com.
Melinda, Mery, Wilson, and Devi Risma. 2016. “Pengaruh Permainan Huruf Punggung Berantai Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Huruf Pada Usia 5-6 Tahun Ditaman Kanak-Kanak Masmur Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 3(1): 1–12.
Morrow, L. M. 1993. Literacy Development In The Early Years, Helping Children Read And Write. Boston: Allyn and Bacon.
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Niara, Sitti, Ulfah Ulfiah, and Qorina Widadiyah. 2023. “Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode Permainan Balok Huruf.” Hadlonah?: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak 4(2): 32–41. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/1332 (March 13, 2024).
Nityanasari, Denadia. 2020. “Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini.” Ya Bunayya: Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 10.
Nurbiana, Dhieni. 2018. Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pangastuti, Ratna, and Siti Farida Hanum. 2017. “Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf.” Al-Hikmah?: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 1(1): 51–66. doi:10.35896/ijecie.v1i1.4.
Puspitasari, Kenti. 2013. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.” Jurnal PAUD Teratai 2(3).
Rahayuningsih, Sheila Septiana, Tritjahjo Danny Soesilo, and Mozes Kurniawan. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9(1): 11–18. doi:10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18.
Rasyid, Harun, Mansyur, and Suratno. 2009. Assesmen Perkembangan Peserta Dididk. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Seefeldt, Carol, and Pius Nasar. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Simamora, Laili Hajriah, Humaidah Br. Hasibuan, and Zulfahmi Lubis. 2019. “Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai.” Jurnal Raudhah 7(2). doi:10.30829/raudhah.v7i2.506.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suyanto, Selamet. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Tarigan, Henry Guntur. 2009. Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Angkasa.
Trisniwati. 2014. Universitas Negeri Yogyakarta “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Veryawan, Veryawan, Mery Tan, and Syarfina Syarfina. 2021. “KEGIATAN BERMAIN KOTAK AJAIB ( MAGIC BOX ) DALAM UPAYA.” 5(1): 44–52.
Waraningsih, Tri Lestari. 2014. “Upaya Meningkatkan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Sulthoni Ngaglik Sleman.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2024-03-25
How to Cite
PRAMUWITYA GUTNI, Karin. Permainan Kotak Ajaib Pengaruh Media Permainan Kotak Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 55 - 65, mar. 2024. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/1878>. Date accessed: 02 jan. 2025.