Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di TKIT Syeikh Abdurrauf Kota Banda Aceh

  • Husnul Maqfirah Syiah Kuala University
  • Rahmi Sofyan Syiah Kuala University
  • Khoiriyah Khoiriyah Syiah Kuala University

Abstract

Strategi guru dalam mengelola kelas merupakan sebuah prosedur yang diterapkan untuk menata ruang dan mengorganisasi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan program pembelajaran yang telah direncanakan yang dapat mendukung pencapaian pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas oleh guru di TKIT Syeikh Abdurrauf Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi penataan dinding dan pemilihan warna ruangan, pengaturan lalu lintas di kelas, menjaga kebersihan dan kerapihan kelas, penyimpanan bahan dan perlengkapan belajar, pengaturan area aktivitas, mendorong interaksi antar anak, membangun hubungan baik dengan peserta didik, dan mengelola kondisi lingkungan kelas sebelum, selama, dan setelah pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. Makassar: Syakir media press.
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Amala, N. (2022). Pengelolaan lingkungan belajar di lembaga PAUD. Malang: Madza Media.
Ayu, Y, F., Pribadi C, A., & Yantoro. (2023). Meningkatkan belajar peserta didik melalui pengelolaan kelas. JJIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4784-4789.
Azzahra, A,N., Hardika,H., & Kuswadi, D. (2019). Pola komunikasi guru dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Peneliti, dan Pengembangan, 4(2), 137-142.
Dinanti, S. (2019). Strategi guru PAUD dalam meningkatkan kemampuan anak berbahasa indonesia dengan metode cerita bergambar di RA Amanah Kabupaten Seluma. [Skripsi, IAIN Bengkulu]. Repository IAIN Bengkulu.
Fitria, Z. (2022). Strategi guru PAUD dalam mengelola kelas di TK Al-Azhar Cairo Banda Aceh. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Repository USK.
Fitriani, A. (2018). Manajemen pengelolaan kelas di TK Kartika II-26 Bandar Lampung. [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung]. Repository Raden Intan.
Hardani, H., Adrani, H., Ustiawaty, J., Utami, E, F., Istiqomah, R, R., Fardani, R, A., Sukmana, D, J., Auliya, N, H. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Mataram: CV Pustaka Ilmu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pedoman pengelolaan kelas PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Khoirunisa, A. (2021). Analisis interaksi sosial anak usia dini dengan teman sebaya di TK Dian Ekawati kelompok B pada masa pandemic Covid-19. [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. Repository UIN Syarif Hidayatullah.
Mariyana, R., Nugraha, A., Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Kencana.
Ningrum, Y,H, C. (2021). Indentifikasi penataan ruangan kelas yang digunakan di Taman Kanak-kanak Gugus III Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(10), 83-95.
Sahrudin, S. (2020). Keteladanan guru dalam membentuk nilai moral dan agama anak usia dini di RA Nu Astanajapura Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 4(1), 91-103.
Saifadilah, F. (2021). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran peserta didik kelas IV di MIN 6 Bandar Lampung. [Skripsi, UIN Randen Intan Lampung]. Repository UIN Raden Intan Lampung.
Siregar, F, N, Z., Nasution, W, S., Afifah, Z., Lubis, H, Z., Pratiwi, S. (2024). Tari tor-tor anak usia 5-6 tahun di RA Ibnu Halim dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 1st National Conference Of Early Childhood Education Of Bunga Bangsa Cirebon 2024, 1-9.
Sugiyono, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutejo, E. (2020). Strategi guru dalam penanaman budi pekerti untuk anak tunagrahita pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budi pekerti di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Palu. [Tesis, IAIN Palu]. Repository IAIN Palu.
Tadjuddin, N. (2015). Desain pembelajaran pendidikan anak usia dini. Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.
Taran, E,G, M., Sum, T,A., Edfra, A, V. (2023). Pengelolaan kelas dalam pembelajaran di PAUD. Jurnal Lonto Leok, 5(1), 68-76.
Published
2024-12-25
How to Cite
MAQFIRAH, Husnul; SOFYAN, Rahmi; KHOIRIYAH, Khoiriyah. Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di TKIT Syeikh Abdurrauf Kota Banda Aceh. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 73-82, dec. 2024. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/2835>. Date accessed: 02 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/hadlonah.v5i2.2835.