Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya
Abstract
Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk melatih keterampilan motorik halus khususnya melatih jari-jemari anak. Motorik halus adalah kemampuan yang meliputi keterampilan fisik dengan melibatkan otot-otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Hasil pengamatan menunjukan ada beberapa anak yang masih kesulitan memegang pensil, anak ‎kesulitan dalam memegang dan menggunting sesuai pola, serta ada anak yang ‎mengalami kesulitan dalam membuka dan menutup resleting tasnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bahan alam tumbuhan dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Populasinya adalah seluruh anak kelas A di RA Teunom Aceh Jaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 22 orang anak kelas A2 dan A3 berusia 4-5 tahun. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Hasil analisis data menggunakan uji t (independent sampel t-test). Hasil analisis data menunjukan nilai 2 tailed sebesar 0,000<0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan alam tumbuhan pada kegiatan mewarnai dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini 4-5 tahun.
Downloads
References
Agusriani, Ade, and Mohammad Fauziddin. 2021. “Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1729–40. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/961 (November 25, 2022).
Aiyuda, Nurul. 2017. “Kemandirian pada anak Tuna Ganda di Sekolah Dasar Luar Biasa Hellen Keller Indonesia, Yogyakarta.†Jurnal Pendidikan 2(2).
Amiran, Salmon. 2016. “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN DI PAUD NAZARETH OESAPA.†Jurnal Pendidikan Anak 5(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12367 (April 8, 2023).
Ardiyanto, Asep. 2017. “BERMAIN SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI.†Jendela Olahraga 2(2). http://journal.upgris.ac.id/index.php/jendelaolahraga/article/view/1700 (April 8, 2023).
Meke, Konstantinus Denny Pareira, Richardo Barry Astro, and Maimunah H. Daud. 2021. “Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.†EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(1): 675–85. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1940 (June 22, 2022).
Meliani, Fitri et al. 2022. “Challenges of Using Technology in Islamic Religious Education Learning (Application of Flipped-Classroom in Class X PAI Subjects at SMA Plus Pagelaran Subang).†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 11(4).
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “The Islamic Perspective of Education of Children With Special Needs (Case Study at Sada Ibu Inclusion Elementary School).†Eduprof : Islamic Education Journal 4(2): 261–77. https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/37 (November 9, 2022).
Meliani, Fitri, Andewi Suhartini, and Hasan Basri. 2022. “Dinamika dan Tipologi Pondok Pesantren di Cirebon.†Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7(2): 297–312. https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/10629 (January 1, 2023).
Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.†Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 133–42.