Analisis Keterlibatan Orang Tua Dalam Melatih Kemampuan Menghafal Doa Sehari-Hari Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Ceumpeudak Aceh Utara
Abstract
Permasalahan yang ditemukan melalui observasi awal adalah banyak anak-anak usia dini yang berkisar antara 4-5 tahun tidak dapat melafalkan doa sehari-hari tanpa didampingi dan didikte. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlibatan orang tua yang mempengaruhi kemampuan menghafal doa sehari-hari pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi dan lembar pedoman wawancara, kemudian data dari lembaran ini dianalisa dengan teknik analisa data kualitatif dengan langkah data reduction dan data display. Berdasarkan data-data yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa di Desa Ceumpeudak Aceh Utara masih banyak orang tua tidak terlibat dalam melatih kemampuan menghafal doa sehari-hari.
Downloads
References
Ayuhan. (2018). Konsep Pendidikan Anak Shalih dalam Perspektif Islam (S. Jajuli, Ed.). Deepublish.
Lexy J. Meleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.
Mansur. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.
Sarmanu. (2012). Dasar Metodologi Penelitian Kuatitatif, Kualitatif. Airlangga University Press.
Yudrik Jahja. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.
Zakiah Darajat. (2010). Doa Penunjang Semangat Hidup (17th ed.). PT Bulan Bintang.