Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh

  • Muslimah Ruza Universitas Islam Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Rani Puspa Juwita Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Muthmainnah Muthmainnah Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh didapati perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di kelas B yang masih belum terpenuhi, diantaranya didapati anak-anak yang kurang mengenal dan menunjukkan perilaku sopan, hormat, jujur, tolong menolong dan kurang mengenal sikap saling menghargai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh media audio visual terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design.  Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat perkembangan moral anak menggunakan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan moral anak sebelum menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 12 dan perkembangan moral anak setelah menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 17. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik uji Paired Sample-t Test diperoleh nilai pada sig.(2-tailed) yaitu 0,000<0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap perkembangan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh.


penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sairah, dkk. 2020. Perkembangan Peserta Didik. Sumatra Barat: Yayasan Cendikiawan Muslim.

Murti sri, Siti Maryani. (2017). “Analisis Nilai Moral Novel Bulan Jingga dalam KepalaKarya M. Fadrdjroel Rachman”. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, Vol.1, No.1, e-ISSN : 2597-5218. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.93.

Rizki Ananda. (2017). “Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1. ISSN 356 (Media Cetak), ISSN 249-8959 (Media Online). DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.28.

Damayanti. 2021. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hail Belajar
Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV DN 33 Lebong. Sumatra Utara: CV.
Tatakata Grafika.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Hasan Hasmiana. (2016). “Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi, Produksi, Komunikasi dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV S Negeri 20 Banda Aceh”. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 3, No. 4, Issn 2337-9227. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7538/6205.
Hidayah Nur Afifah, Nurhadija. (2018). “Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Moral”. Jurnal Smart PAUD, Vol. 1, No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523.

Hanum Rabitah, Veryawan, dkk. (2021). “Media Audio Visual: Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6. No. 2. DOI:https://doi.org/10.25078/pw.v6i2.150.

Rifmasari Yessi dkk. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak”. Jurnal Educatio, Vol. 7, No. 4. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1407.

Siyoto Sandu. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Maknunah UI Lu’lu, Kadela Reka Nurlaili. (2019). “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Geti Kuda Terbang (Studi Kasus di UD. Bu Sulasmi, Kademangan)”. Jurnal Translitera, Edisi 8. https://doi.org/10.35457/translitera.v8i02.890.

Pratama Artha Satria, Rita Intan Permatasari. 2021. “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia”. Jurnal Ilmiah M.Progrees, vol. 11, No. 1. DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600.

Amaliah Rezeki. (2022). “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung”. Jurnal Dinamika, Vol. 08, No. 1. https://journal.uncp.ac.id/index.php/dinamika/article/%20view/650.

Wardani Sulistyo, Rita Intan Permata Sari. (2022). “Pengaruh Pengembangan Karier dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Staf Umum Bagian Pergudangan Penerbangan Darat (Penerbad) di Tanggerang”. Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol. 12, No. 1. DOI: https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.862.

Aminuddin Djoni. (2019). “Efektifitas Layanan Informasi Karier dalam Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa”. Jurnal Consillium, Vol. 6, No. 2. DOI: http://dx.doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6365.
Published
2023-06-10
How to Cite
RUZA, Muslimah; PUSPA JUWITA, Rani; MUTHMAINNAH, Muthmainnah. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 58-67, june 2023. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/638>. Date accessed: 02 jan. 2025.