Pengaruh APE Es Krim Huruf Hijaiyah Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di TK ABA Ie Dingen Meukek, Aceh Selatan
Abstract
APE es krim hijaiyah merupakan modifikasi bentuk dari kartu huruf hijaiyah yang berbentuk es krim hijaiyah. Observasi awal di TK ABA Ie Dingen Meukek Aceh Selatan pada anak usia 5-6 tahun TK B dari 12 orang anak terdapat 7 orang anak yang sudah mampu menghafal huruf hijaiyah dengan benar, 3 orang yang sudah bisa mengenal dan membedakan huruf hijaiyah dengan benar, 5 orang yang belum mampu menghafal huruf hijaiyah dengan benar, dan 9 orang yang belum mampu mengenal/membedakan huruf dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh APE es krim huruf hijaiyah terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK ABA Ie Dingen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode test dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis One group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji-t dari proses pengenalan huruf hijaiyah menggunakan APE es krim huruf hijaiyah diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,19 > 1.833. Dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya terdapat pengaruh APE es krim huruf hijaiyah terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK ABA Ie Dingen Meukek Aceh Selatan
Downloads
References
Arikunto. 2013. Rineka Cipta, Jakarta Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414.
Meliani, Fitri et al. 2021. “Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci.†JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 653–63.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.†Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.†JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 673–88.
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.†JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Nirmala Sari, Anggun, and Muammar Qadafi. 2020. “Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA RA PERWANIDA II MATARAM.†02(02).
Nurhayati, Nurhayati, Andi Agusniatih, Amrullah Amrullah, and I Putu Suwika. 2021. “Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Gambar Pada Anak.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(3): 2183–91.
Rafika, Irda, Yusuf Aziz, and Anizar Ahmad. 2016. 1 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH UNTUK MELEJITKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI PADA TK ISLAM TERPADU SULOH KOTA BANDA ACEH.
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.†Bandung: Alfabeta.
Widiyati, Wiwik. 2015. “PEMBELAJARAN SENSORIMOTOR UNTUK ANAK AUTIS DI PAUD INKLUSI SEBUAH TINJAUAN PSIKOLOGIS.†: 8.
Yasbiati dan Gandana, Gilar. 2018. 1 Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini (Teori Dan Konsep Dasar). 1st ed. ed. -. Siliwangi: Ksatria Siliwangi.