Penerapan Model Dramatic Play dalam Menumbuhkan Imajinasi Anak Usia Dini

Abstract

Dunia anak terkait dengan pola yang dapat memberikan kesenangan, meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak. Melihat pentingnya kreatifitas dan imajinasi anak usia dini, maka diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkannya, yaitu melalui model bermain pembelajaran yang berbasis kegiatan seni dan bermain. Sampel penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Pertiwi Pedawang Kudus Indonesia dengan jumlah 20 orang siswa, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Dramatic play yang dilakukan menggunakan cerita berbasis kearifan lokal Kudus Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian sekuensial eksploratori. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran dramatic play, 80% imajinasi anak meningkat. Indikator yang dikembangkan adalah percaya diri, mandiri, asyik dan larut menikmati permainan, memperlihatkan keingintahuan, melakukan hal-hal baru dengan caranya sendiri (inisiatif), dan menggabungkan ide-ide baru (improvisasi). Dari angket respon menunjukkan anak suka bermain dramatic play karena anak merasa tidak tertekan dan lebih menikmati kegiatan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Ratno. 2016. “Peran Drama Pada Siswa Kelompok B Di TK Aisiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya.” Jurnal Pedagogi 2: 96–106.
Amiran, Salmon. 2016. “Efektifitas Penggunaan Metode Bermain Di Paud Nazareth Oesapa.” Jurnal Pendidikan Anak 5(1).
Ata-Akturk, Aysun, and Serap Sevimli-Celik. 2020. “Creativity in Early Childhood Teacher Education: Beliefs and Practices.” International Journal of Early Years Education 0(0): 1–20.
Badru, Z., Cucu, E. 2010. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Basuki, H. 2006. Penelitian Kuslitstif Untuk Ilmu-Ilmu Kemanusiaan Dan Budaya. Jakarta Gunadarma.
Cahya Heriantoko, Bima. 2013. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Permainan Maze Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Ii Di Slb/C Tpa Jember.” Jurnal Pendidikan Khusus 1(1).
Comanechie Nadya EL. 2014. “Efektivitas Socio Dramatic Play Untuk Meningkatkan Kemandirian Pada Anak Usia Prasekolah.” Jurnal PGPAUD Trunojoyo 1.
Creswell, JW. 2019. Research Design.
Egan, Kieran. 2015. “Young Children ’ s Imagination and Learning : Engaging Children ’ s Emotional Response YOUNG CHILDREN ’ S IMAGINATION AND LEARNING Kieran Egan Faculty of Education Simon Fraser University Canada V5A 1S6.” (January 1994).
Fitroh, Siti Fadjryana. 2015. “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini.” Universitas Trunojoyo Madura 2: 76–149.
Halida. 2011. “Metode Bermain Peran Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 Tahun).” Cakrawala Kependidikan 9(1): 27–34.
Harahap, Rani Astria Silvera. 2022. “Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4(5): 625–30.
V. Healey-Etten, S. Sharp. 2010. “Teaching Beginning Undergraduates How to Do an In-Depth Interview: A Teaching Note with 12 Handy Tips.” Teaching Sociology 38(2): 157–65.
Hidayatullah, Riyan. 2020. “Kreativitas Dalam Pendidikan Musik: Berpikir Divergen Dan Konvergen.” Musikolastika 2(1): 1–7.
Hong, Huili, Karin Keith, Renee Rice Moran, and Jodi Lashay Jennings. 2017. “Using Imagination to Bridge Young Children’s Literacy and Science Learning: A Dialogic Approach.” Journal of Childhood Studies 42(1): 11.
Hutagalung, F., Lai. L, & Adams. 2020. “The Effects of Dramatic Play on Vocabulary Learning Among Preschoolers.” Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen 5(9): 294–314.
Ihmeideh, Fathi. 2015. “The Impact of Dramatic Play Centre on Promoting the Development of Children’s Early Writing Skills.” European Early Childhood Education Research Journal 23(2): 250–63.
Inten, Dinar Nur. 2017. “Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran.” Mediator: Jurnal Komunikasi 10(1): 109–20.
Kivunja, Charles. 2015. “Leadership in Early Childhood Education Contexts: Looks, Roles, and Functions.” Creative Education 06(16): 1710–17.
Kurnia, Rita. 2012. “Konsepsi Bermain Dalam Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini.” Educhild 01(1): 77–85.
Martini, Elya. 2020. “Drama Melalui Teknik Pembelajaran Rotating Roles Siswa Kelas VIII C SMP Negeri Sungai Jauh.” 14(1): 1–11.
Meliani, F, A. M Iqbal, U Ruswandi, and M Erihadiana. 2022. “Konsep Moderasi Islam Dalam Pendidikan Global Dan Multikultural Di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal 4(1): 195–211.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “The Islamic Perspective of Education of Children With Special Needs (Case Study at Sada Ibu Inclusion Elementary School).” Eduprof : Islamic Education Journal 4(2): 261–77. https://iaibbc.e-journal.id/xx/article/view/37 (November 9, 2022).
Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 133–42.
Murniarti, Erni. 2020. “Pengertian Bakat, Ciri-Ciri Anak Berbakat, Dan Implikasi Pendidikan.”
NMA Suryaningsih, IME cahaya, CE Poerwati. 2016. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Indonesia 5(2).
Nurul Hidayati. 2010. “Bermain Khayal Untuk Mengembangkan Dimensi Sosioemosi Anak-Anak Prasekolah.” Insan 12(02): 104–12.
Prihanjani, Ni Luh, I Nyoman Wirya2, and Luh Ayu Tirtayani3. 2017. “Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Gugus IV Kecamatan Buleleng Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha.” 5(2): 231–40.
Putro, Khamim Zarkasih. 2016. “Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama 16(1): 19.
Robertson, Natalie. 2016. “The Complexity of Preschool Children’s Dramatic Play Behaviour and Play Styles in Australia: A Mixed Methods Study.” Asia-Pacific Journal Of Research In Early Childhood Education 10(2): 71–92.
Rusni. R, Normawati. N, & Rahmawati. R. 2013. “Penerapan Metode Pembelajaran.” Jurnal Kolaboratif Sains: 871–84.
Vygotsky, L. S. 1991. “Imagination and Creativity in the Adolescent.” Soviet Psychology 29(1): 73–88.
Waris, Abdul. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Samarinda.” Jurnal Pendidikan I(1): 1–8.
Widiyono, Aan. 2021. “Implementasi Parenting Berkala Untuk Menumbuhkan Kelekatan Anak Di Kb Permata Kita Kudus.” PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 10(2): 310–20.
———. 2022. “Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak Di Ra Imama Mijen Semarang.” PRATAMA WIDYA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1): 59–68.
Widiyono, Aan, and Erna Zumrotun. 2022. “Pembentukan Karakter Mandiri Dan Tanggung Jawab Anak Melalui Cooking Class Di Ra Imama Mijen Semarang.” Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education 6(1): 44–55.
Yates, Ellen, and Emma Twigg. 2017. “Developing Creativity in Early Childhood Studies Students.” Thinking Skills and Creativity 23: 42–57.
Published
2023-06-05
How to Cite
WIDIYONO, Aan; PRATIWI, Dewi. Penerapan Model Dramatic Play dalam Menumbuhkan Imajinasi Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 25-35, june 2023. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/718>. Date accessed: 02 jan. 2025.