Penerapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Balon Udara Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains melalui eksperimen balon di TK Negeri Plumbon tahun 2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah kelompok A usia 4 sampai 5 tahun dengan jumlah 14 anak, yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik analisis data pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dengan menggunakan instrumen observasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil data yang telah dianalisa yaitu pada siklus 1 kemampuan kognitif anak mencapai MB (Mulai Berkembang), sedangkan pada siklus ke 2 peningkatan kemampuan kognitif anak mencapai BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Sehingga peningkatan kemampuan kognitif anak dari siklus 1 sampai siklus ke 2 mengalami progres yang cukup baik pada tahun ajaran 2021.
Downloads
References
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Devi, Subhan. (2020). Metode Pemecahan Masalah Dengan Media Konkret Pada Anak Kelompok B Tk Madhani. Jurnal Cikal Cendekia, 1(1), 43–51.
Meliani, F., Alawi, D., Yamin, M., Syah, M., Erihadiana, M. (2021). Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 7). https://doi.org/10.54371/Jiip.V4i7.328.
Meliani, F., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2014). Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja. Jur. Ilm. Kel. & Kons (Vol. 7, Issue 3). https://doi.org/10.24156/Jikk.2014.7.3.133.
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329.
Sutaryani, N.P.C., Suadnyana, I.N., Tirtayani, L. A. (2016). Pengaruh Teknik Token Economy Terhadap Perilaku Disruptif Pada Anak Di Tk Ganesha Denpasar. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).