Urgensi Bermain Di Sentra Alam Dalam Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini ingin melihat perkembangan anak usia dini secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga mampu mengembangkan kecerdasan terutama kecerdasan visual- spasial anak usia dini. Penelitian di lakukan di TKIT As-Sunnah Kalitanjung Kota Cirebon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak meliputi media, metode, materi dan evaluasi dalam kegiatan bermain di sentra bahan alam. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung pembelajaran sentra bahan adalah guru yang berperan sebagai demonstator mampu memahami materi pembelajaran untuk diterapkan kepada anak, peserta didik yang dikelompokkan berdasarkan tahapan usia dan keaktifannya, dan banyaknya jumlah media bahan alam yang dimiliki. Faktor penghambat dalam kegiatan sentra bahan alam adalah jika guru sentra bahan alam berhalangan hadir, bermain sentra bahan alam memelukan waktu yang panjang untuk melaksanakannya, anak-anak berebut memilih ragam main yang dimainkan dan jika hujan turun maka bermain bahan alam akan dilaksanakan di dalam ruangan.
Downloads
References
Arofah, N. D., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Pembelajaran Yang Berbasis Perkembangan Otak. Jurnal Ceria, 2(2), 7–14.
Fadhli, M. (2016). Merangsang Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini dengan Media Video. Entrepreneurship Dalam Perspektif Paud, January 2016, 133–140.
Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2017). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 73. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81.
Islam, M. A., Alam, F., Solayman, M., Khalil, M. I., Kamal, M. A., Gan, S. H., Wulansari, N., Mahawati, E., Hartini, E., Betteng, R., Wu, H., Ballantyne, C. M., Thorens, B., Mueckler, M., Li, W., Yuan, G., Pan, Y., Wang, C., Chen, H., … Perkeni. (2018). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æž, 4(1), 121–138. https://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0A.
Meliani F., Sunarti E., & Krisnatuti D. (2014). Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(3), 133-142. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.133.
Muafiah. E. (2016). Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponorogo.
Thuful, Vol.4 No. 1, (Juli-Desember, 2016).
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba IV Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122.
Paridah, S., Ageng, D., Koenarso, P., Islam, U., & Antasari, N. (2020). Implementasi Kegiatan Belajar Outdoor Melalui Sentra. Preschool Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini . DOI : https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.10381.
Rosidah, L. (2014). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Melalui Permainan Maze. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 281–290.
Tinggi, S., Kristen, A., Sinaga, R., Tinggi, S., Kristen, A., Keriapy, F., Tinggi, S., & Kristen, A. (2020). Shamayim : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. 1(1), 78–91.