Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Bermain Puzzle Huruf
Abstract
Permasalahan utama dan mendasar dalam penelitian ini adalah apakah melalui bermain puzzle huruf kemampuan membaca anak usia dini dapat ditingkatkan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui bermain puzzle huruf. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen (nonequivalent control group design) terhadap siswa kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Kramatmulya Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang terdiri dari 18 siswa kelompok kontrol dan 18 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui bermain puzzle huruf, secara signifikan daripada anak yang tidak menggunakan permaianan puzzle huruf, dengan nilai N-Gain 26,22 pada kelompok eksperimen, dan 3,33 pada kelompok kontrol, kemampuan membaca anak usia dini menunjukkan peningkatan yang signifikan, Hal ini dikarenakan penerapan strategi yang dilakukan berulang-ulang terhadap informasi, pengalaman pembelajaran yang di dapat oleh anak usia dini melalui bermain puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang diajukan adalah memberikan sumbangan pemikiran pada lembaga PAUD dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui bermain puzzle huruf.
Downloads
References
Akdon. (2005). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Adminitrasi dan Manajemen. Bandung : Dewa Ruci
Anwar dan Arsyad. (2004) Pendidikan Anak Usia Dini, Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu. Bandung : Alfabeta
Asmawati, Luluk., dkk (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Penerbit Universitas Terbuka
Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikdasmen (2007). Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Permainan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas
Departemen Pendidikan Nasional. (2001). Pedoman Penyelengaraan Pendidikan Pada Kelompok Bermain. Jakarta : Depdiknas
Dhieni, dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. UT
Grainger, J. (2003). Problem Perilaku, Perhatian, dan Membaca pada Anak: Strategi Intervensi Berbasis Sekolah (Alih Bahasa: Enny Irawati). Jakarta: Grasindo.
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 1(Edisi 6) (Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Penerbit Erlangga : Jakarta.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), edisi kelima(Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo). Penerbit Erlangga : Jakarta.
Ismail, A, (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Lestary, A. (2004). Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata dengan Alat Bantu Gambar dan Tanpa Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Taman Kanak – kanak. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata
Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Musfiroh, T. (2009). Menumbuhkembangkan Baca Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo anggota IKAPI.
Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarata. PT Rineka Cipta.
Nurani, Y, dkk. (2009). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta. UT.
Olivia, F. (2011). Good Memory Building. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Prasetyono, S, D. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think.
Prasetyono, S, D. (2008). Biarkan Anakmu bermain. Yogyakarta: Diva Press.
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta
Sadiman, Arief, dkk (2006) Media Pendidikan, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.
Santoso, S (2002). Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Computindo.
Santrock W, J. (2007). Perkembangan Anak Edisi kesebelas(Terjemahan Rachmawati, M, dan Kuswanti, A). Jakarta. Erlangga.
Sternberg R, J. (2008). Psikologi Kognitif Edisi Keempat(Terjemahan Santoso, Y). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R and D. (Cetakan ke 5). Bandung : Alfabeta
Supriyadi. (2001) Antara Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Jakarta : Ditjen Disdakmen Depdiknas
Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising
Syaefudin, S, U. (2007). Modul Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar. Bandung: UPI
Tampubolon, (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Angkasa
Walgito, B, (2010), Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.