Analisis Standar Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini

  • Eni Furwanti Universitas Islam Nusantara
  • Nanin Apriani Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Yanti Krismayanti Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

Standar nasional PAUD sulit dipenuhi oleh satuan PAUD yang sebagian besar dikelola masyarakat (96%), tumpang tindih satuan dan program dalam penyelenggaraan layanan PAUD, persyaratan pengajuan izin dan pembaharuan izin sulit dipenuhi oleh satuan PAUD yang dikelola Masyarakat. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran pendidikan anak usia dini di PAUD Adinda Kec. Rancasari Bandung. Subyek penelitian merupakan subyek yang akan dituju oleh peneliti untuk diteliti, yang dimaksud yaitu orang, tempat atau benda yang diamati dalam rangka sebagai pusat sasaran penelitian. Dalam penelitian ini peneliti memilih melakukan penelitian di PAUD Adinda Kec. Rancasari Bandung. karena peneliti tertarik untuk melihat bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan anak usia dini di PAUD Adinda Kec. Rancasari Bandung. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi. PAUD Adinda telah memenuhi standar yang sesuai dengan kebijakan tentang standar Paud permen 137 2014 dan 146 2014 tentang pembelajaran PAUD. Walaupun ada yang belum sejalan tetapi bukan hal yang krusial. Sehingga PAUD ini tetap bisa melaksanakan KBM di saat pandemi dan sebelum pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bappenas. (2018). Diakses di: http://sdgs.bappenas.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Roadmap pada 1 Januari 2022, Pkl. 11.12 WIB.
Heckman, J. (2011) The Economics of Inequality: The Value of Early Childhood Education. American Educator, 35, 31-47.
Irjus, I., Hadion. W. 2020 Pengelolaan Paud Dan Pnf Berbasis Mutu. CV Pena Persada: Purwokerto.
Izma, F., dkk. (2020). Persepsi Keluarga Tentang Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Karakter. JoCE Journal of Community Education, Volume 1, Nomor 1 Maret 2020.
Meliani F., Sunarti E., & Krisnatuti D. (2014). Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(3), 133-142. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.133.
Meliani, F., Alawi, D., Yamin, M., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Digitalisasi Kurikulum di SMP Islam Cendekia Cianjur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 653-663. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.328.
Moleong, L, J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
Sujiono. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak usia Dini. Jakarta: Indeks.
Waber, D.P., Moor, C.D., Forbes, P.W., Almli, C.R., Botteron, K.N., Leonard, G., Milovan, D., Paus, T., Rumsey, J. (2007). The NIH MRI Study Of Normal Brain Development: Performance Of A Population Based Sample Of Healthy Children Aged 6 To 18 Years On A Neuropsychological Battery. J Int Neuropsychol Soc,13(5):729-46. Doi: 10.1017/S1355617707070841.
Published
2022-02-28
How to Cite
FURWANTI, Eni; APRIANI, Nanin; KRISMAYANTI, Yanti. Analisis Standar Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 58 -65, feb. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/759>. Date accessed: 04 jan. 2025.