Kebijakan Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Permainan Digital Ludo Untuk Anak Usia Dini Di Era 5.0

  • Dea Silviani Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Artikel ini dilakukan untuk  memahami muatan nilai karakter yang berada pada permainan digital salah satu contohnya adalah ludo. Subjek penelitian ini adalah anak didik dan pendidik di Kober Nurfaridah. Tekhnik perhimpunan data yang digunakan melalui metode observasi dan wawancara yang nantinya ditungkan dalam bentuk metode penelitian kuanlitatif. Tekhnik analisis menggunakan model interaktif yang diterapkan oleh pendidik kepada peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan proses pendidikan karakter yang ditekankan pada permainan digital dapat dilihan dari permainan ludo. Permainan tersebut memanfaatkan kecanggihan digital di era 5.0 yang dapat menstimulus kecerdasan kognitif, bahasa, motorik halus, dan membentuk karakter anak dalam menerapkan kejujuran, kesabaran, percaya diri, tanggung jawab, dan komitmen sebagai suatu gambaran harapan atau tujuan anak diusia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Ana, and Wakhudin Wakhudin. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Mim Pasir Lor Karanglewas Banyumas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 51–63.
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Aslamiyah., Suaibatul., Yamada. Sari., and Rosfa. Riani. 2013. “Konsep Inovasi Kurikulum Dalam Pembelajaran.” Inovasi Kurikulum: 136.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414.
Fahroji, Oji. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter.” Qathrunâ 7(1): 61.
Hamim, Ahmad Husni, Ani Rindiani, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. 2021. “CORE ETHICAL VALUES PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6(1): 97–105.
Maryati, Sri. 2020. “Inovasi Kurikulum Berdasarkan Komponen Kurikulum Strategi Dan Evaluasi.” Journal of Chemical Information and Modeling 5(2): 51–66.
Mayasari, Annisa, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. 2021. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(5).
Meliani, Fitri et al. 2021. “Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 653–63.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Sudrajat, Bantul, Taat Wulandari, and Agustina Tri Wijayanti. 2015. 2 JIPSINDO MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD AMONG SIWI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Supriani, Y et al. 2022. “The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 485–500.
Syah, Rizqon H. 2020. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7(5).
Ulfah, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. 2022. “Kepemimpinan Pendidikan Di Era Revolusi Industri.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(1): 153.
А.М. Мамонтов, Е.О. Роговской. 2019. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Published
2022-08-30
How to Cite
SILVIANI, Dea. Kebijakan Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Permainan Digital Ludo Untuk Anak Usia Dini Di Era 5.0. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 135-141, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/777>. Date accessed: 01 jan. 2025.