Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Perkembangan Anak Usia 15 Bulan

  • Exwan Andriyan Verrysaputro Universitas Jenderal Soedirman
  • Tya Resta Fitriana Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kontekstual pada anak usia 15 bulan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Adapun data diperoleh dari pengamatan terhadap anak usia 15 bulan. Data yang diperoleh bersumber dari hasil pengamatan kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Data dikumpulkan pada anak berusia 15 bulan, berlokasi di Taman Satwa Mini Kemuning Ngargoyoso. Berdasarkan data yang telah dianalisis, hasil penelitian ini adalah perkembangan anak yang dapat diamati melalui penerapan metode pembelajaran berbasis konteks adalah 1) Perkembangan motorik halus meliputi kemampuan menggengam, menyentuh benda, meraba bagian tubuh hewan, 2) Perkembangan motorik kasar meliputi berjalan, berlari, dan berjalan mundur, 3) perkembangan bahasa meliputi kemampuan menyebutkan vocal dan konsonan sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anak, P. B., Dini, U., Pertiwi, G. T., & Kebumen, K. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Ejournal.Stainupwr.Ac.Id, 2(2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140.
Diana, F. M. (2010). Pemantauan Perkembangan Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 4(2), 116–129. https://doi.org/10.24893/JKMA.V4I2.79.
Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (Ctl) Berbasis Centra Di Taman Kanak-Kanak. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 93–106. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/4286.
Farida, A., & Pd, M. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 2338–2163. https://doi.org/10.30829/RAUDHAH.V4I2.52
Imam, I., & Padang, B. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215. https://doi.org/10.15548/JT.V19I3.55.
Imam Kusmaryono, M. P. (2022). Keefektifan Pembelajaran Kontekstual Berorientasi Penemuan Berbantuan Cd Pembelajaran Dan Lks Pada Materi Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(126), 14–31. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/majalahilmiahsultanagung/article/view/55.
Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu. https://doi.org/10.21093/DI.V13I1.20/.
Marbun, S., Handayani, F. H., & Simanjuntak, J. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kontektual Dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(3), 218–227. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/16360.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 673–88.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Indraswari, Lolita. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Academia.Edu. Retrieved August 23, 2022, from https://www.academia.edu/download/57369075/1633-3687-1-SM_2.pdf.
Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482–490. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V4I1.407.
Suhartanti, I., Zulfa Rufaida, Mk., Setyowati, W., & Fitria Wahyu Ariyanti, Mk. (2019). Stimulasi kemampuan motorik halus anak pra sekolah. Ejournal.Stikesmajapahit.ac.id. http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/EBook/article/view/321.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles dan Huberman untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/MD.V5I1.2581.
Sumaryanti, L., & Pd, M. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 72–89. https://doi.org/10.24269/MUADDIB.V7I01.552.
Usman, H., Sukandar, H., & Sutisna, M. (2014). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-24 Bulan di Daerah Konflik. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 9(1), 44–49. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V9I1.455.
Published
2022-08-30
How to Cite
VERRYSAPUTRO, Exwan Andriyan; FITRIANA, Tya Resta. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual untuk Perkembangan Anak Usia 15 Bulan. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 142-149, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/778>. Date accessed: 01 jan. 2025.