Pengaruh Permainan Tradisional Mallogo dan Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong

  • Fadhilah Latief Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hijriah Hijriah Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Pengaruh Permainan Tradisional Makassar Mallogo and Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong Kabupaten Takalar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pengaruh Permainan Tradisional Makassar Mallogo and Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Galesong sebelum dan sesudah penerapan permainan tradisional dan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Galesong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen metode pre-eksperimental design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada Pretest diperoleh skor 5,64 dan pada saat Posttest nilai rata-rata diperoleh 10. Kemudian didukung pula dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test pada program SPSS diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,001 disini didapat probabilitas dibawah 0,05 atau p< 0,05 yang berarti H0 ditolak atau tidak terdapat pengaruh. Sesuai dengan jika probabilitas (Asymp.sig) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh permainan tradisional Makassar (Tokotokodiang dan Mallogo).


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 673–88.
Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 133–42.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Novitasari, Yesi, and Mohammad Fauziddin. 2022. “Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4): 3570–77.
Nurismawan, Ach. Sudrajad, Findivia Egga Fahruni, and Endang Pudjiastuti Sartinah. 2022. “Model Bimbingan untuk Meningkatkan Aspek Sosial dan Motorik Anak Tunaganda di SD.” Jurnal Basicedu 6(4): 7303–9.
Sarnoto, A.Z. 2019. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2): 41–50.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Syafi’i, Ahmad Anis, Elisabeth Bengang, Fika Wulandari, and Hermanus H Ladopurab. 2020. “Pelaksanaan Green School Festival Untuk Meningkatkan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era 4.0.” Proceedings of The ICECRS 8: 2.
Published
2022-08-30
How to Cite
LATIEF, Fadhilah; HIJRIAH, Hijriah. Pengaruh Permainan Tradisional Mallogo dan Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 150-158, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/780>. Date accessed: 01 jan. 2025.