Model Pembelajaran Beyond Center Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak

  • Faqih Hakim Hasibuan UIN Sumatera Utara Medan
  • Dira Puspita Sari STKIP Budidaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan model pembelajaran beyond center circle time (BCCT). Model pembelajaran beyond center circle time (BCCT)-Pada setiap instani Pendidikan, maka berbeda pula cara penyampaiannya walaupun dengan tujuan yang sama. Sama halnya dengan penyusunan rancangan pelaksanaan pembelajaran harian. Mengingat salah satu karakter anak usia sini adalah mudah bosan. Oleh karena itu, dengan membuat system pengajaran dalam bentuk pembelajaran dengan satu perhatian. Mengingat karakter berisik mereka. Penulis menyarankan menggunakan metode pembelajaran Beyond Circke and Center Times (BCCT). Penggunaan model pembelajaran sangat tepat digunakan pada anak usia dini. Beyond Center and Circle Time atau pembelajaran sentra dan lingkaran merupakan model pembelajaran dengan konsep belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar dalam pendidikan anak usia dini. Model pembelajaran BCCT ini berusaha mewujudkan dunia nyata di dalam kelas dan menstimulus anak membuat hubungan antara pengetahuan dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Beyond Circke and Center Times dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiyuda, Nurul. 2017. “Kemandirian pada anak Tuna Ganda di Sekolah Dasar Luar Biasa Hellen Keller Indonesia, Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan 2(2).
Atmojo, Setyo Eko, Beny Dwi Lukitoaji, and Faiz Noormiyanto. 2020. “Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru Sekolah Dasar Rujukan Inklusi.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 244–52.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414.
Esam, Abdullah Al Jaddou. 2018. “The World Islamic Sciences and Education University Students Attitudes towards the Inclusion of Handicapped Students within Campus Main Stream.” Educational Research and Reviews 13(12): 472–86.
falahi, shiva, kamran yazdanbakhsh, and parviz fadakar. 2021. “Explaining the Parents’ Attitudes toward the Children with Disabilities Based on Religious Belief and Social Support: the Mediation of Marital Satisfaction.” Applied Issues in Quarterly Journal of Islamic Education 6(1): 53–72.
Fauziah, Inka. 2020. “Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: STAI Bunga Bangsa Cirebon).” Jurnal Inovasi Pendidikan 1(1): 9.
Hasan, Hamid. 2021. Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Latifah, Ibdaul. 2020. “Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan inklusi, apa bedanya?” JURNAL PENDIDIKAN 29(2). http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/676 (August 13, 2022).
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 133–42.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Rieskiana, Fahmi. 2021. “PERAN SEKOLAH INKLUSI TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK AUTISME.” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 7(2): 61.
Rizal Muhammad, Al Hafiz, and Fatah Fauziah. 2022. “Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Dan Teori Behavioristik Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan Keagamaan.” Inovasi Kurikulum 19(1): 54–68.
Soekmono, R. 2017. “PROGRAM BAHASA HOLISTIK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NASIMA SEMARANG).” JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI 3(1): 302–22.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Published
2022-08-30
How to Cite
HASIBUAN, Faqih Hakim; SARI, Dira Puspita. Model Pembelajaran Beyond Center Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 159-166, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/782>. Date accessed: 01 jan. 2025.