Analisis Kebijakan Kurikulum Prototipe dalam Mitigasi Learning Loss untuk Menyiapkan 21st Century Skill Melalui Pengembangan Karakter di Lembaga PAUD

  • Indri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Wabah pandemi Covid-19 yang melanda mobilitas diberbagai negara khususnya bidang pendidikan mengakibatkan terjadinya loss learning (kehilangan pembelajaran efektif bagi peserta didik) khususnya dalam menyiapkan 21st century skill (kreativitas, kritis, kolaboratif, dan komunikatif) pada anak. Adanya kebijakan opsi kurikulum terhadap satuan pendidikan menjadi salah satu solusi agar pendidikan tetap berjalan dengan efektif dan efisien. Opsi kurikulum tersebut yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum prototipe. Metode penelitian menggunakan library research, penelitian dikaji melalui referensi buku-buku, artikel ilmiah, serta dokumen yang mendukung. Selain itu, ditunjang dengan melihat penelitian-penelitian sebelumnya yang relevan. Adanya kebijakan kurikulum baru yaitu kurikulum 2022 atau kurikulum prototipe yang diterapkan dalam satuan pendidikan khususnya PAUD memiliki karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan masa kini dalam mitigasi loss learning serta memfasilitasi 21st century skill pada anak yang dilandasi dari hasil evaluasi kurikulum sebelumnya. Karakteristik tersebut mencakup pembentukan karakter pelajar Pancasila, fokus terhadap materi essensial, dan fleksibilitas perancangan kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, Azmil et al. 2020. “The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of ‘Merdeka Belajar.’” Studies in Philosophy of Science and Education 1(1): 38–49.
Arifin, Syamsul, and Moh. Muslim. 2020. “Tantangan Implementasi Kebijakan ‘Merdeka Belajar Kampus Merdeka’ Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia.” Jurnal Pendidilan Islam Al-Ilmi 3(1). http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/ilmi/article/view/589 (June 22, 2022).
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharma, Edy, and Humiras Betty Sihombing. 2020. “Merdeka Belajar: Kajian Literatur.” Jurnal Pendidikan 4(3).
Faiz, Aiman. 2021. “Peran Filsafat Progresivisme Dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik Di Abad-21.” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9(1): 131–35.
Faiz, Aiman, and Purwati Purwati. 2021. “Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan General Education.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3): 649–55.
Fatimah, Fita, Helly Aprianti, and Noviana Mariatul Ulfa. 2022. “Studi Implementasi STEAM ( Sciece , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) Dalam Pembelajaran Di Jenjang PAUD Kabupaten Jember.” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 10(2): 392–402.
Kemendikbudristek. 2021. “Kebijakan Kurikulum Untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran.” In BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN, Jakarta: Kemendikbudristek.
Mayasari, Annisa, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. 2021. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(5).
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 673–88.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Purwati, Aiman Faiz, and Elan. 2022. “Analisis Pola Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila Di Jurusan Keperawatan Menurut Realms of Meaning Karya Phenix.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 2174–82.
Rakhmat, C. 2006. “Komunitas Sunda Pakidulan: Studi Tentang Pengaruh Orientasi Nilai Budaya Paham Dualistik Dunia, Dan Kontraproses Modernisasi Terhadap Etos Kerja.” Disertasi. Bandung: Program Pascasarjana Universitas … (1).
Rozandy, Margaretha P.N, and Yosafat P Koten. 2021. “SCRATCH SEBAGAI PROBLEM SOLVING COMPUTATIONAL THINKING DALAM KURIKULUM PROTOTIPE.” Jurnal IN CREATE 8: 11–17.
Sufyadi, Susanti et al. 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Sujiono, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Supriani, Y et al. 2022. “The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 485–500.
Zubaidah, Siti. 2018. “Mengenal 4C: Learning and Inovation Skills Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” In Makalah: Disampaikan Dalam Seminar 2nd Science Education National Conference Di Universitas Trunojoyo Madura 13 Oktober.,.
Zulfikri. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Published
2022-08-30
How to Cite
ANGGRAENI, Indri. Analisis Kebijakan Kurikulum Prototipe dalam Mitigasi Learning Loss untuk Menyiapkan 21st Century Skill Melalui Pengembangan Karakter di Lembaga PAUD. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 167-177, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/783>. Date accessed: 01 jan. 2025.