Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Pendidikan
Abstract
Penelitian diangkat dari system pembelajaran jarak jauh yang bisa dilakukan secara pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dang pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring). Pembelajaran daring ini menimbulkan berbagai hambatan yang guru rasakan dalam proses pembelajarang daring dari ketidak tersediaan media sampai ketidak mampuan menggunakan teknologi internet. Dengan metode kajian literature penulis bisa mengkaji berbagai artikel nasioan dan internasional. Penemuan yang ditemukan memiliki berbagai macam hambatan yang harus diminimalisir agar tidak ada lagi hambatan pembelajaran daring yang guru rasakan.
Downloads
References
Amtiran, A. A. (2020). Pandemi Covid-19 dan Implikasinya terhadap Polarisasi Mazhab Teologi di Indonesia. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen, 1(2), 64–71. https://doi.org/10.52220/magnum.v1i2.49
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). Pengembangan Sikap Keberagaman Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 10.
Dawiyatun, & Muzhdalifah, S. (2021). Menggali Spiritualitas Islam dalam Menghadapi Wabah (Studi Kasus Penanganan Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin Gapura Timur Gapura Sumenep). Proceedings of the 5th International Conference on Islamic Studies (ICONIS) 2021.
Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, A., & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadyah Bandar Pulau Pekan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30. https://doi.org/10.31604/jpm.v4i1.30-40
Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5).
Meliani, F., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE. Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5(1), 17.
Meliani, F., Alawi, D., Mohamad, Y., Syah, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 653–663. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.328
Meliani, F., Natsir, N. F., & Erni, H. (2021). Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 673–688. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.331
Meliani, F., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2014). Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.133
Meliani, F., & Zaqiah, Q. Y. (2022). THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 16.
Putra, A. M. S. (2021). WABAH COVID-19 DALAM PERSPEKTIF TEOLOGI TAKDIR DALAM AJARAN ISLAM. Al-Majaalis, 9(1).
Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.
Supriani, Y., Meliani, F., Supriyadi, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 485–500. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2235