Peran Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Pasca Masa Pandemi Covid-19

  • Novi Hidayati Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Annisa Nur Badriah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ayu Miftahul Jannah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Rianita Rianita Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait dengan perkembangan sosial-emoisonal pada anak usia dini pasca masa pandemi covid-19 di lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidik dalam menstimulus perkembangan sosial emosional anak usia dini pasca pandemi, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara terbuka dan observasi kepada empat pendidik pada salah satu lembaga PAUD di Kecamatan Waled. Pemilihan partisipan tersebut karena memiliki pengalaman mengajar di lembaga PAUD kurang lebih sudah 10 tahun. Data yang terkumpulkan akan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil dari penelitian ini menguraikan bahwa peran pendidik dalam menstimulus perkembangan sosial emosional pada anak usia dini pasca pandemi, seperti membimbing, melatih dan memotivasi serta mengelola manajemen kelas. Selain itu juga, terdapat faktor pengaruh eksternal dan internal yang mempengaruhi pemberian stimulus perkembangan sosial-emosional pada anak, yaitu kerjasama pendidik dengan orang tua dalam bentuk kesepakatan, dan adanya kegiatan parenting. Kemudian, terdapat dampak positif dan negatif dari perkembangan sosial emosional anak pada pasca pandemi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Creswell, J. (2014). Research Desain; Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fitriani, A., & Kusuma, C. W. (2019). Manajemen Kelas Di Taman Kanak- Kanak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 91–100.
Habibi, A. (2020). Normal Baru Pasca Pandemi Covid-19. Journal.Uinjkt.Ac.Id, 4(1), 197–202. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15809
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
Hidayati, N., & Rudiyanto. (2021). Distance Learning in Early Childhood Education During Pandemic Covid-19. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 207–211. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.045
Hidayati, N., Wulan, D. J., & Mustoip, S. (2021). Tanggapan Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran di Masa. Edubase : Journal of Basic Education, 2(2), 127–136.
Hidayati, N., & Zaman, B. (2021). Is it Necessary to Ban Gadget in Early Childhood? Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 270–273. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.057
Hurlock, E. B. (2015). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Idris, M. H. (2014). Peran Guru Dalam Mengelola Keberbakatan Anak. Luxima Metro Media.
Jiu, C. K., Hartono, H., Amelia, L., Surtikanti, S., Gusmiah, T., Wuriani, W., Usman, U., Pratama, K., & Jhoni Putra, G. (2021). Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262–267. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1317
Kemendikbud. (2020). Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/perluas-akses-belajar-di-masa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pedoman Pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Maulipaks, D. (2020). Pembelajaran di Rumah Jangan Hanya Fokus pada Akademik, Ajarkan Anak Tematik tentang Covid-19. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/pembelajaran-di-rumah-jangan-hanya-fokus-pada-akademik-ajarkan-anak-tematik-tentang-covid19
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2021). Metode Pengembangan Sosial - Emosional. Universitas Terbuka.
Nurwita, S., & Imran, R. F. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Dan Perkembangan Bahasa Aud Pasca Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 74–83. https://doi.org/10.23960/jpa.v7n2.23071
Pininta, A. (2020). Belajar di Rumah Diperpanjang, Kemendikbud: Berikan Materi “Life Skill” dan Karakter Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Belajar di Rumah Diperpanjang, Kemendikbud: Berikan Materi ‘Life Skill’ dan Karakter.” Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/27/142507671/belajar-di-rumah-diperpanjang-kemendikbud-berikan-materi-life-skill-dan?page=all
Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005
Santrock, J. W. (2012). Life Span Develompent perkembangan masa hidup edisi ketigabelas jilid 1. Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.
Suyadi, & Ulfa, M. (2015). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Yin, R. K. (2019). Studi Kasus : Desain dan Metode (1st ed.). RajaGrafindo Persada.
Published
2023-06-05
How to Cite
HIDAYATI, Novi et al. Peran Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Pasca Masa Pandemi Covid-19. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 36-49, june 2023. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/816>. Date accessed: 30 dec. 2024.