Pengaruh Metode Integrated, Listening, Hand, Attention, Matching (ILHAM) Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa
(Penelitian di SMPIT Al-Marwat Lemahabang Cirebon)
Abstract
This study discusses the influence of the method of integreted, listening, hand, attention, matching (ILHAM) on the ability of memorizing Al-qur'an students SMI IT Al-Marwat Lemahabang Cirebon. The study was motivated by the application of the method of ILHAM. The method of ILHAM is a method of memorizing the Qur'an that combines various kinds of intelligence. The integration of intelligence that is carried out continuously can improve the intelligence of the students, who are then able to contribute positively in the improvement of kemampan memorize Al-Qur'an.
This study aims to determine how much influence the use of the Integrated, Listening, Hand, Attention, Matching (ILHAM) method has on the students' ability to memorize the Qur'an at SMP IT Al-Marwat Lemahabang Cirebon. This research is a type of quantitative research with an associative approach. Questionnaire data collection techniques to obtain data on the application of the ILHAM method (X) and documentation to obtain data on the ability to memorize the Qur'an (Y).
Based on the results obtained from the field and the calculation using the formula of simple linear regression, it can be concluded that. First, the application of the method of ILHAM in SMPIT AL-Marwat Lemahabang Cirebon by 80,53% rounded to 81%, which means good. Second, the percentage of the ability to memorize the Qur'an students in SMPIT Al-Marwat Lemahabang Ciebon by 86,76% rounded up to 87% which means very high. Third, there is a positive and significant influence of the application of the method of ILHAM on the ability of memorizing Al-Qur'an students on the program tahfidz in class VIII and IX SMPIT Al-Marwat Lemahabang, which amounted to 62%. Based on the above description can be concluded that there is a positive and significant influence of the application of the method of ILHAM on the ability of memorizing Al-Qur'an students in SMPIT Al-Mawat Lemahabang Cirebon.
Based on the description above, it can be concluded that there is a positive and significant influence from the application of the ILHAM method on the students' ability to memorize the Qur'an at SMPIT Al-Mawat Lemahabang Cirebon.
Keyword: ILHAM Method; Ability to Memorize; Al-Qur’an.
Abstrak
Penelitian ini membahas pengaruh metode integreted, listening, hand, attention, matching (ILHAM) terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa SMI IT Al-Marwat Lemahabang Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh penerapan metode ILHAM. Metode ILHAM merupakan metode menghafal Al-Qur’an yang memadukan berbagai macam kecerdasan. Integrasi kecerdasan yang dilakukan secara terus menerus tersebut dapat meningkatkan kecerdasan siswa, yang kemudian mampu berkontribusi positif dalam peningkatan kemampan menghafal Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode ILHAM terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMP IT Al-Marwat Lemahabang Cirebon.
Penelitian ini merupaan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan menggunakan metode asosiatif. Teknik pengumpulan data angket untuk mendapatkan data tentang penerapan metode ILHAM (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kemampuan menghafal Al-Qur’an (Y).
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana, dapat disimpulkan bahwa. Pertama, Penerapan metode ILHAM di SMPIT AL-Marwat Lemahabang Cirebon sebesar 80,53% dibulatkan menjadi 81% yang artinya baik. Kedua, Porsentase kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT Al-Marwat Lemahabang Ciebon sebesar 86,76% yang dibulatkan menjadi 87% yang artinya sangat tinggi. Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan metode ILHAM terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa pada program tahfidz di kelas VIII dan IX SMPIT Al-Marwat Lemahabang yang sebesar 62%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penerapan metode ILHAM terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SMPIT Al-Mawat Lemahabang Cirebon.
Kata Kunci: Metode ILHAM; Kemampuan Menghafal; Al-Qur’an.
Downloads
References
Akbar, T. K., & Gunawan, A. (2018). Menghafal Al-Qur’an dengan Otak Kanan. Elex Media Komputindo.
Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur'an. Bumi Aksara.
Ashari, B. H., Wibawa., Berto, M., & Persada, S. F. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online Shop di Instagram (Studi Kasus 6 universitas di Kota Surabaya). Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(1), D12-D16.
Casta, M. (2014). Dasar-Dasar Statistika Pendidikan. STAI Bunga Bangsa Cirebon.
Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi Atas Buku “Metode Ilham: Menghafal Al-Qur’an Serasa Bermain Game†Karya Lukman Hakim Dan Ali Khosim). Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis, 18(2), 189-210.
Hakim, A. R. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Tahfidzul Quran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sdit Alfalah Kota Cirebon. Syntax Idea, 1(3), 39-58.
Hakim, L., & Khosim, A. (2016). Metode Ilham: Menghafal Al-Qur’an Serasa Bermain Game. Humaniora.
Harahap, M., & Fachrurrozi, T. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Ekonomi Siswa Kelas XI Sma Budisatrya Medan Tp 2016/2017. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan..
Sakho, M. A. (2017a). Keberkahan Al-Qur’an. PT Qof Media Kreativa.
Sakho, M. A. (2017b). Menghafal Al-Qur’an: Manfa’at, Keutamaan, Keberkahan dan Metode Praktisnya. PT Qof Media Kreativa.
Sari, N. (2018). Pengaruh Metode Integrated, Listening, Hand, Attention, Matching (ILHAM) dan Kecerdasan terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Singarimbun, M., & Effendi, S. (1982). Metode Penelitian Survai. LP3ES.
Sobirin, A. (2013). Fakta Unik Muhammad dan Al-Qur’an. Kyta.
Sugiyono, A. (2015a). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono, A. (2015b). Cara Mudah Belajar SPSS dan LISREL Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono, A. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Yuliara, I. M. (2016). Regresi Linier Sederhana. Denpasar: Universitas Udayana. https://simdos. unud. ac. id/uploads/file_pe ndidikan_1_dir/321812643.